Baterai Samsung Bisa Curi Data, Gosip atau Fakta?

Baterai Samsung Bisa Curi Data, Gosip atau Fakta?

1342
0
SHARE

Samsung_Galaxy_Nexus_Battery_M2

Para pengguna dunia maya dan media sosial tentu tahu kalau belum lama ini Samsung diterpa kabar yang tidak sedap. Baterai yang mereka gunakan dituding memiliki chip rahasia yang mampu mentransfer data pengguna untuk dicuri. Tidak hanya di Indonesia, kabar tersebut rupanya juga menyebar hingga ke Inggris. Berawal dari sebuah video yang diunggah ke sebuah media sosial, kabar tersebut kemudian meluas dengan begitu cepat sehingga menjadi sebuah topic perbincangan yang sangat ramai di kalangan pengguna.

Efek dari tersebarnya video tersebut membuat banyak orang menjadi was-was ketika menggunakan perangkat mereka. Namun untuk mencegah kesalahpahaman terhadap apa yang ditayangkan dalam video tersebut, banyak pengguna yang kemudian membuat video tandingannya untuk meluruskan apa yang sebanarnya terjadi. Dari video terbaru yang sudah banyak beredar diketahui kalau chip yang disebut bisa mencuri data pengguna tersebut adalah sebuah antenna.

Antena kecil tersebut merupakan antena NFC (Near Field Communication), yaitu sebuah antena yang dipasang untuk mendukung sebuah fitur yang terdapat pada smartphone canggih milik Samsung. Dengan bantuan antena tersebut maka pengguna bisa menjalankan fitur NFC pada perangkat yang memungkin mereka untuk melakukan komunikasi berbasis radio semisal alat pembayaran.

NFC sendiri secara umum bisa kita pahami sebagai sebuah fitur teknologi terbaru yang mampu melakukan transfer data berupa gambar, audio, video dan semacamnya. Lebih dari itu maka perangkat memerlukan ijin dari pengguna, tidak seperti yang disebutkan dalam video yang mengatakan bahwa chip kecil yang terpasang pada baterai tersebut bisa mentranfer data dan memata-matai pengguna tanpa sepengetahuan penggunanya.

Salah satu alasan mengapa kabar tersebut begitu mengusik perhatian banyak orang adalah karena fitur NFC sendiri masih tergolong baru dan belum begitu familiar di kalangan para pengguna. terlepas dari benar atau tidaknya bahwa baterai ponsel pintar Samsung bisa mencuri data diam-diam. Itulah fakta yang sebenarnya ada. Kita hanya perlu berhati-hari dan teliti dalam menerima sebuah informasi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY