Harga Meningkat, Smartphone Buatan Cina Bakal Ditinggalkan?

Harga Meningkat, Smartphone Buatan Cina Bakal Ditinggalkan?

555
0
SHARE

61

Beberapa tahun terakhir kita tentu tahu bahwa vendor-vendor gadget asal Cina banyak menarik perhatian dan minta para pengguna, terutama yang berada di Indonesia. Sebuat saja sepert Evercoss, Lenovo, dan Xiaomi, mereka adalah vendor-vendor asal Cina yang menjadi idaman para pengguna, smartphone canggih dengan harga murah menjadi daya Tarik mereka di mata para pengguna gadget. Namun kabar terbaru memberikan kabar buruk, mereka diperkirakan akan mulai ditinggalkan oleh penggunanya. Kenapa?

Hal yang menyebabkan vendor-vendor itu menjadi populer di kalangan para pengguna adalah karena mereka mampu memberikan smartphone berkualitas serta berkemampuan premium, namun dengan harga yang sangat terjangkau oleh pengguna. dari data yang diberikan oleh IDC, diketahui bahwa secara sadar atau tidak saat ini harga-harga smartphone dari Cina mulai mengalami peningkatan harga yang cukup tinggi, bahkan hampir menyamai harga rata-rata smartphone dunia.

Dalam beberapa bulan terahir IDC sudah melihat perubahan tersebut. Bahkan Bloomberg mengiungkap kalau harga ponsel pintar dari Cina saat ini meningkat hingga sekitar 800 ribu rupiah sejak akhir tahun 2014 lalu. Bryan Ma, salah satu pengamat dari IDC mengatakan kalau naiknya harga-harga smartphone tersebut tidak terlepas dari peran Apple. Apple berhasil membuat banyak pengguna termasuk para penggemar gadget Cina menginginkan smartphone dengan kualitas premium dan spesifikasi di atas rata-rata.

Tren kenaikan harga tersebut dituding membuat harga-harga smartphone Cina secara otomatis menjadi agak lebih mahal dan bahkan harganya hampir menyamai harga rata-rata smartphone dunia saat ini. Harga smartphone Cina sendiri saat ini sudah ada yang mencapai harga 3 jutaan, sedangkan harga rata-rata smartphone dunia ada yang mencapai 4 jutaan. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih selisih sekitar 2 jutaan.

Masih berdasarkan data IDC, vendor smartphone Cina seperti Xiaomi, Lenovo, Huawei, bahkan Asus, perlahan-lahan mulai mengikuti tren dengan menaikkan harga smartphone mereka. Itu terlihat sejak adanya perangkat jam tangan pintar Mi Band dari Xiaomi dan perangkat terbaru dari Asus, yaitu Zenfone 2.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY