StudioBlack._V387040061_

Banyak orang akan mengatakan ada rupa ada harga. Jadi ketika berhadapan dengan barang yang memiliki harga tak jauh berbeda, bisa jadi kualitas yang diberikan juga sama. Sehingga harga juga menjadi tolok ukur seseorang ketika membeli barang. Apabila harganya tinggi keyakinan bahwa perangkat tersebut berkualitas tinggi semakin besar. Tetapi belum tentu demikian kenyataannya. Apalagi jika menyangkut dengan perangkat yang satu ini. Headphone audio bisa jadi dibanderol dengan harga yang tinggi tapi kualitasnya berbeda satu sama lain. Tentu saja harga jualnya jauh lebih mahal dibandingkan komponen yang digunakan di dalamnya sehingga dapat memberikan keuntungan yang besar untuk sang produsen.

Hal tersebutlah yang kemudian dinyatakan oleh Avery Louie yang membongkar sepasang headphone dari Beats Solo HD demi mengetahui hal yang disimpan oleh kesan mahal perangkat tersebut. Louie sendiri merupakan seorang insinyur yang sudah sangat banyak pengalamannya untuk membantu perusahaan startup untuk merancang bahkan membuat sebuah produk. Dia juga sudah sangat kenal dengan industri yang mencakup manufaktur. Jadi dia dapat dengan mudah menghitung harga sebenarnya yang ada di dalam sebuah benda atau perangkat.

Headphone Beats Solo HD memiliki harga jual sekitar 200 dollar AS atau ini setara dengan Rp2,6juta. Harga yang cukup tinggi untuk sebuah perangkat headphone saja mengingat banyak smartphone yang harga jualnya bisa dibawah harga tersebut. Padahal setelah Louie membongkar perangkat tersebut, komponen yang ada di dalamnya ternyata tak lebih dari 17 dollar AS, ini setara dengan Rp230.000 saja.

Walaupun biaya tersebut belum mencakup biaya lain yang harus dikeluarkan produsen seperti biaya untuk riset dan juga distribusi. Angka tersebut memberikan ruang yang cukup luas untuk menarik keuntungan karena nilainya tidak melebihi sepersepuluh harga jual, bahkan tak sampai sama sekali dari harga jual produk perangkat tersebut. Sebagai konsumen tentunya akan dibuat geleng-geleng kepala.

Kekuatan perangkat ini sendiri yang membuatnya bisa dibanderol dengan harga sangat mahal ada brand itu sendiri. Dr Dre dan Jimmy Lovine, memanfaatkan latar belakang mereka sebagai musisi pendiri Beats dan tentu saja mengeluarkan perangkat tersebut dengan desain yang bagus menjadi bagian yang sangat penting dari budaya sebuah musik pop.

Perangkat Beats Solo HD menghabiskan 17 dollar bukan untuk bagian hardwarenya saja. Tetapi sudah termasuk biaya untuk kemasan, softcase, manual dan bagian lain yang totalnya mencapai 7 dollar AS. Jadi bagian hardwarenya hanya butuh biaya 10 dollar AS saja. Selain latar belakang brand, perangkat ini juga diberikan ilusi berat dari kepingan logam yang sebenarnya tak punya fungsi apa-apa di headphone tersebut. Perangkat elektronik yang berat memberikan ilusi pada konsumen jika produk tersebut lebih berkualitas, tahan lama, dan tentu saja layak berharga sangat mahal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY