2014-04-02-17_15_37-Nokia-Lumia-930-One-experience.-Windows-on-your-phone.-YouTube

Microsoft terlihat sangat serius untuk bisa hadir di berbagai perangkat dan menanamkan perangkat mereka di berbagai tempat. Bahkan baru-baru ini asisten pribadinya, Cortana juga dikabarkan akan segera hadir di perangkat Android. Aplikasi yang semula hanya untuk pengguna Windows dan Windows Phone tersebut dalam waktu dekat juga akan menjadi asisten pribadi para pengguna Android.

Sebelumnya Microsoft juga sudah memperluas ruang geraknya dengan merilis eberapa aplikasi seperti aplikasi kesehatan, launcher, dan tidak ketinggalan Microsoft Office Mobile yang juga sudah bisa digunakan oleh para pengguna Android. Microsoft sendiri sudah mengumumkan kalau asisten pintar mereka bernama Cortana tersebut juga akan dirilis secara resmi untuk perangkat Android, namun untuk sementara hanya akan tersedia dalam versi Beta, karena aplikasi tersebut masih dalam tahap pengujian.

Sebagai penyedia aplikasi pihak ketiga, nantinya Microsoft melalui Cortana akan menghadirkan beberapa layanan asisten di Android seperti yang bisa dinikmati oleh para pengguna Windows Phone, hanya saja penggunaannya masih terbatas untuk para pengguna Android. Karena merupakan produk Microsoft, selain pada perangkat Windows, Windows Phone, dan juga Android, Cortana juga anantinya akan bisa dijalankan pada perangkat Xbox One dan beberapa perangkat lain yang sudah terintegrasi dengan sistem Windows 10 nantinya.

Windows 10 sendiri sampai saat ini dikabarkan akan dirilis secara resmi pada tanggal 29 Juli 2015 mendatang. Cortana sendiri di Android nantinya akan melakukan hal-hal yang ada kaitannya dengan yang aplikasi yang terdapat pada computer PC. Pengguna Android nantinya bisa meminta Cortana untuk mengatur pengingat pada waktu-waktu tertentu, maka secara otomatis Cortana akan melakukannya dan pengingat tersebut juga bisa ditampilkan pada perangkat lain yang sudah terpasang Cortana. Menarik bukan?

Sayangnya pihak Microsoft tidak menyebutkan kabar pasti seputar tanggal perilisan Cortana Beta di perangkat Android. Mereka hanya menyebutkan kalau aplikasi asisten tersebut akan hadir di perangkat Android pada sekitar bulan Juni 2015. Kalau begitu sudah dapat dipastikan jika Cortana akan segera hadir dalam beberapa hari ke depan di perangkat Android.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY