Password box on a webpage

Kata sandi, password atau yang dikenal juga dengan kode keamanan adalah sesuatu yang sangat penting dan harus benar-benar diperhatikan saat ini. Tingkat kemanan sebuah akun atau hak akses biasanya tergantung seberapa rumit password yang dibuat oleh pengguna. Namun beberapa pengguna yang tidak ingin direpotkan dengan rumitnya kata sandi tersebut lebih memilih untuk membuat kata sandi yang mudah untuk diingat, seperti angka 12345 atau huruf misalnya. Menggunakan password yang sangat mudah seperti itu membuat hak akses yang kita miliki dapat dengan mudah diambil alih oleh orang lain, sehingga dapat membahayakan kita sendiri sebagai pengguna.

Untuk mengatasi hal tersebut, baru-baru ini dikabarkan telah ada penemuan baru dalam hal pembuatan password atau kata sandir, yaitu dengan menggunakan kombinasi emoticon atau emoji. Sebuah firma perangkat lunak perbankan digital yang berasal dari Inggris, Inteligen Environtments mencoba mengganti masukkan kata sandi yang selama ini hanya berupa kombinasi huruf dan angka menjadi kombinasi ikon-ikon ekpresi lucu berupa gambar yang sering digunakan oleh pengguna.

IE menggunakan kemampuan manusia dalam mengingat sebuah gambar dalam inovasinya ini. Dan mereka juga mengatakan kalau temuan mereka ini akan menjadi sejarah baru dalam dunia kemanan digital. Dalam metode baru tersebut, nantinya akan ada sekitar 44 emoji yang akan digunakan oleh pengguna sebagai password mereka, setiap emoji akan mewakili empat karakter (huruf), begitu yang dipaparkan oleh IE.

Seperti yang sudah dijelaskan, IE memilih emoji sebagai penggunaan kata sandir adalah karena pengguna lebih mudah untuk mengingat gambar, dan metode sandir seperti itu sangat sulit untuk ditebak. Itu karena akan ada sekitar 3.498.308 kemungkinan seseorang untuk menebak kata sandi yang digunakan oleh orang lain, sedangkan jika menggunakan kata sandir tradisional (kombinasi angka dan huruf) hanya ada 7.290 kemungkinan saja pengguna bisa menebak password seseorang. Lebih aman mana?

Meski IE mengklaim bahwa mereka yang menemukan metode baru tersebut, namun sampai saat ini pihaknya belum terlihat mematenkan temuan mereka tersebut. itu artinya, ada kesempatan yang sangat terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin mengembangkan metode password dengan menggunakan emoji tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY