Moonraker, Smartwatch Ala Nokia yang Tak Kunjung Tiba

Moonraker, Smartwatch Ala Nokia yang Tak Kunjung Tiba

536
0
SHARE

moonraker-03-640x375

Jauh sebelum tren jam tangan pintar (smartwatch) booming seperti sekarang ini, dan jauh sebelum Microsoft mengambil alih perusahaan Nokia, ternyata Nokia telah lebih dulu menciptakan jam tangan pintar. Perusahaan legendaris tersebut rupanya juga sempat menjamah dunia wearable device sebelum akhirnya diakuisisi oleh Microsoft dan menjadi aset perusahaan pengembang Windows tersebut. Tapi sayangnya bentuk nyata dari smartwatch yang disebut Moonraker itu tak kunjung tiba, hanya kabarnya saja yang terus bermunculan.

Setelah lama menghilang, kini kabar keberadaan Moonraker Nokia hadir kembali. Jam tangan pintar yang sempat digarap Nokia namun terhenti karena Nokia telah diambil alih Microsoft tersebut rupanya sudah sampai pada desain prototipenya. Alih-alih dilanjutkan dan dikembangkan oleh Microsoft, perusahaan itu ternyata lebih memilih untuk mengembangkan produk wearable device mereka sendiri bernama Microsoft Band.

Munurut kabar yang sempat beredar, jika device mungil tersebut jadi dirilis oleh Nokia pada saat itu, maka arloji pintar itu akan hadir bersmaan dengan perangkat Nokia Lumia 930. Sayangnya rencana tersebut gagal untuk dilakukan. Nokia sendiri pernah menunjukkan konsep dari Moonraker hasil godokan mereka dalam ajang Mobile World Congress tahun 2014. Di acara tersebut terlihat kalau Moonraker Nokia bukan sekedar konsep saja, tapi juga sudah berbentuk prototype.

Tapi saying, mungkin kita tidak akan pernah melihat wujud sebenarnya dari Moonraker, karena seperti yang diketahui, saat ini Microsoft justru sedang mengembangkan smartwatch mereka yang bernama Microsoft Band. Bahkan rencananya jam tangan pintar tersebut akan dirilis pada akhir tahun 2015 ini mengikuti momen perilisan Windows 10 dan mungkin saja nantinya Microsoft Band bisa terintegrasi dengan Windows universal tersebut.

Dilihat dari hasil prototipe yang sempat ditunjukkan oleh Nokia, desain user interface atau antarmuka dari jam tangan pintar tersebut ternyata mirip dengan natar muka yang diusung oleh Nokia Lumia. Moonraker mengusung tampilan MetroUI, dan dilengkapi dengan berbagai kemampuan serta fitur-fitur unggulan. Moonraker mampu digunakan untuk mengirim email, dijadikan sebagai remote control kamera, serta menjalankan aplikasi seperti facebook dan MixRadio. Selain itu perangkat tersebut juga memiliki tampilan yang bisa dimodifikasi serta pilihan tali dengan berbagai macam warna.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY