Nexus_6_hands_on_ANDROIDPIT_9-w628

Belum selesai cerita soal Android L alias Lollipop, muncul lagi kabar kalau akan segera muncul Android M yang sampai saat ini masih menjadi pertanyaan besar para pengguna Android seputar nama Android M itu sebenarnya. Banyak pengguna yang menebak nama Android M tersebut. Tapi menurut informasi yang beredar, saat ini Android M sedang dalam masa pengujian, namun beberapa fitur yang akan dibenamkan padanya sudah mulai bocor, salah satunya adalah fitur RAM Manager. Sebuah ftur yang memungkinkan kita untuk melihat penggunaan RAM dari setiap aplikasi yang terpasang.

Di Android L, ada sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk mengetahui penggunaan RAM dari setiap aplikasi yang terpasang di ponsel pintar yang kita gunakan. Nah, menurut kabar yang diterima, fitur tersebut bernama RAM Manager, dan pada Android generasi selanjutny yaitu Android M, fitur tersebut akan semakin ditingkatkan kemampuannya. Sehingga nantinya pengguna bisa dengan mudah mengetahui penggunaan RAM dan juga cara mengoptimalkan fitur tersebut.

Bagaimana car menggunakan RAM Manager yang ada pada Android M. Jika pada Android L kita harus menuju Setting – Apps – dan geser ke kiri untuk mengetahui aplikasi yang sedang berjalan beserta informasi RAM yang digunakan, maka di Android M kita bisa mengetahuinya melalui System – Apps, kemudian menekan menu yang ada di bagian pojok kanan atas, lalu pilih Advanced, kemudian pilih Memory.

Dengan melakukan cara tersebut kita bisa masuk ke bagian aplikasi dan melihat penggunaan RAM dari smua aplikasi yang sedang berjalan. Kita bisa memilih untuk mengehntikan beberapa proses aplikasi yang sedang berjalan yang dianggap tidak penting dan menguras cukup banyak RAM pada smartphone. Untuk menghentikan beberapa aplikasi yang dianggap menggangu tersebut, pengguna bisa menekan tombol “X” atau menggunakan pilihan Force Close untuk menutup dan menghentikan aplikasi-aplikasi tersebut.

Meski Android M ini belum dirilis secara resmi, namun seperti pengguna bisa belajar menggunakan RAM Manager melalui Android L yang saat ini sudah menyapa beberapa ponsel pintar dari vendor-vendro ternama.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY