Kamera Professional Digeser Kamera Smartphone?

Kamera Professional Digeser Kamera Smartphone?

777
0
SHARE

kamera_smartphones

Sekarang ini rasanya sudah tak banyak orang yang membawa kamera poket ke mana-mana. Semenjak banyak sekali smartphone yang hadir dengan resolusi kamera yang cukup baik. Belum lagi berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan smartphone itu sendiri. Belum lagi banyak orang yang merasa bahwa kamera smartphone jauh lebih praktis dibandingkan kamera poket atau digital. Tentunya sekarang ini pasar kamera poket dan digital menjadi cukup sepi. Sebab kebanyakan orang bukanlah fotografer professional yang membutuhkan kamera yang lengkap perangkatnya. Sekadar bisa menjepert dan dengan kemudahan membagikannya di sosial media tentunya orang lebih suka menggunakan kamera smartphone. Belum lagi trend selfie yang beberapa tahun ini juga semakin marak. Paling penting buat sebagian orang adalah bagaimana mengabadikan momen penting sehari-hari di dalam hidup mereka.

Banyaknya aplikasi yang bisa dipasang di smartphone dan bisa digunakan untuk mengedit dengan instant. Fotografi semakin terasa menjadi lebih menarik dan tak hanya masalah menjepret objek foto. Pada smartohone sendiri, kemudahan yang ditawarkan adalah kepraktisan penggunaannya. Bahkan sudah banyak sekali smartphone yang memiliki resolusi sangat baik untuk mendapatkan hasil ayang lebih maksimal. Mendekati kamera digital professional.

Ada beberapa fitur yang awalnya hanya ada di kamera DSLR tetapi sekarang bisa kita jumpai pada smartphone.
Slow Shutter . Ini adalah teknik fotografi yang bisa menghasilkan gambar yang lebih dinamis karena pengambilan yang lambat. Di smartphone sudah ada yang menyediakannya walaupun bukan semua mereka. Hasilnya punya kualitas yang cukup tinggi kok.Kemudian super marco. Ada smartphone yang membutuhkan kamera tambahan untuk yang satu ini namun ada juga smartphone yang sudah menyediakan fitur ini sehingga bisa menjepret objek kecil dari jarak yang cukup jauh tetapi memiliki kualitas kejernihan dan ketajaman yang baik.

Belum lagi fitur Expert Mode . Seakan-akan kita menanamkan DSLR di dalam smartphone kita. Karena secara manual mengatur ISO, shutter speednya, exposure, bahkan metering. Lalu ada juga kamera smartphone yang sudah menyediakan hasil foto dengan format RAW. Memang ini format yang jarang ada di smartphone tetapi sudah ada yang menyediakannya. Dengan adanya format ini membuat foto sangat mudah diedit karena foto yang dihasilkan masih sangat utuh alias mentah. Sehingga pengeditannya dapat disesuaikan dengan keinginan kita.

Fitur terakhir yang cukup unik adalah HD Picture . Ini adalah fitur yang memungkinkan foto memiliki resolusi sampai 50megapiksel dan itu berarti foto memiliki detail yang baik dan hasil yang lebih tajam. Bagaimana? Sudah merasakan banyak yang tak lagi menjepret menggunakan DSLR?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY