Ponsel 2G Bakal Dilarang Dijual Demi Keamanan Konsumen

Ponsel 2G Bakal Dilarang Dijual Demi Keamanan Konsumen

872
0
SHARE

ponsel-2g

Sekarang sudah jarang sekali kita mendengar soal ponsel 2G walaupun sebenarnya di pasaran masih ada produknya beredar. Sebab tak semua orang menggunakan smartphone yang mendukung layanan 4G. Ini adalah upaya pemerintah untuk melindungi konsumen ponsel dengan memberlakukan larangan menjual ponsel yang hanya mendukung layanan 2G. Walaupun jika ditanya pada masyarakat awam, tak banyak yang benar-benar mengetahui perbedaan soal layanan 2G, 3G, dan 4G. Apalagi mengetahui soal spesifikasi ponsel mana saja yang hanya mendukung layanan 2G tersebut. Namun apabila semua vendor tak lagi mengeluarkan ponsel yang hanya mampu bekerja di layanan 2G tentunya konsumen tak perlu pusing mencari spesifikasi setiap ponsel yang akan dia beli.

Pemerintah ingin mendukung layanan 4G. Sehingga melalui Kemkominfo akan dikeluarkannya Permen (peraturan menteri) yang berhubungan dengan dilarangnya penjualan ponsel yang hanya mendukung teknologi 2G di negara kita. Apalagi mengingat angka pengguna ponsel yang berbasis teknologi 2G ini ternyata masih berada di angka 70%.

Tujuan pelarangan penjualan ponsel ini juga demi konsumen. Sebab ponsel yang hanya mendukung teknologi 2G tidak akan bisa digunakan dilayanan teknologi 4G. Padahal seperti yang kita ketahui, sekarang sudah jamannya layanan teknologi 4G. Kalau ponsel yang dibeli tidak bisa digunakan tentunya akan sangat merugikan konsumen sendiri. Pemerintah juga menghimbau kepada berbagai vendor untuk mengeluarkan ponsel yang tidak lagi mendukung layanan 2G melainkan sudah 3G dan 4G. Sedangkan untuk operator selular sendiri dimintai data pelanggan yang masih setia menggunakan ponsel 2G. Dari IMEI akan terlihat jumlah pelanggan yang masih aktif berkomunikasi di jaringan 2G yang mereka sediakan.

Walaupun peraturan ini sudah disebut-sebut akan dikeluarkan namun belum ada kepastian kapan pemerintah akan mulai menerapkan kebijakan tersebut. Sebagai konsumen kita hanya bisa menunggu rilis resmi dari pemerintah. Jadi kita sebagai konsumen sudah seharusnya bersiap-siap sebelum peraturan tersebut diberlakukan. Selain butuh kerja sama dari pemerintah dan vendor dari smartphone, konsumen juga harus cerdas menyikapi layanan teknologi yang sudah berada di tahap 4G meskipun tak semua ponsel sudah bisa menggunakannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY