Lumia-430

Lumia sekarang sudah resmi melepas nama Nokia dari produknya. Keluar dengan brand Microsoft yang selama ini lebih dikenal dengan produk Windowsnya. Apakah Microsoft hanya mengikuti trend demam smartphone di dunia atau benar-benar serius menggarap ponselnya untuk ikut mendulang keuntungan? Satu hal yang jelas, mereka juga ikut mengeluarkan smartphone terbaru besutan mereka. Di Indonesia sendiri Lumia 430 sudah diluncurkan secara resmi. Kita bahkan bisa memesan di toko online dengan harga yang sangat miring. Ada yang mematok harga promonya Rp699.000. Tidak hanya semiring itu, ada yang memberikan harga yang lebih murah yaitu Rp649.000.

Ini tentunya menjadi kabar yang sangat menggembirakan untuk pelanggan menengah ke bawah yang ingin memiliki smartphone dengan budget terbatas. Apalagi jika kebutuhannya sudah cukup bisa terpenuhi dengan smartphone low-end. Padahal Lumia 430 ini sudah dijanjikan akan update ke Windows 10. Harganya tetap bisa semiring itu? Belum lagi spesifikasi yang dimilikinya. Smartphone berharga miring ini jika dibandingkan dengan Lumia 435 sebenarnya tak begitu jauh bedanya. Layar sentuhnya 4inchi. Walaupun sekarang masih dijalankan di sistem operasi Windows Phone 8.1 tapi kita bisa mengupdatenya ke sistem operasi Windows Phone 10.

RAM-nya juga sudah cukup lumayan. Sebesar 1GB. Jika fungsinya hanya untuk bersosial media, 1GB sudah lebih dari cukup untuk menampung beberapa aplikasi sosial media yang ternama. Kita bisa meluaskan kapasitas penyimpanannya dengan memori eksternal. Tidak main-main, bisa mencapai angka 128GB. Padahal dulu jika diingat-ingat flashdisk dengan memori 128MB saja rasanya sudah cukup besar. Bahkan disket sangat kecil kapasitasnya tapi tetap bisa membuat kita sangat terbantu untuk menyimpan data. Sebanyak apa sih data yang mau kita simpan sebenarnya di dalam smartphone kita?

Kemudian membicarakan soal kamera memang resolusinya hanya 2megapiksel. Dengan harga yang tidak sampai Rp700.000 tentunya ini kamera yang sudah lebih dari cukup untuk digunakan. Inilah yang membuat Microsoft bisa melempar Lumia 430 di pasaran dengan harga yang sangat miring, cocok sekali untuk hadiah ulang tahun anak remaja yang belum pernah menggunakan smartphone.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY