apple-iphone-6

Apakah Anda mengetahui di mana penjualan produk Apple terbaik selama beberapa beberapa bulan terakhir ini? Bukan di tempat asalnya. Memang ini baru untuk pertama kalinya. Penjualan iPhone di China melebihi penjualan di AS selama 3 bulan pertama tahun ini. Ini juga menjadi momen pertama kalinya Chine menjadi pasar terbesar produk Apple setelah Amerika.

Alasan banyaknya peminat produk Apple di China seperti yang diungkapkan Danny Yu, 32 tahun di Beijing, karena produk Apple dianggap modis dan populer. Sepertinya begitu juga dengan di Indonesia tetapi seperti yang kita tahu, iPhone tidak mendapatkan pasar yang besar di negara kita.

“Di Cina, Apple adalah merek terkenal,” katanya.

Berkat peran dominan iPhone memainkan pendapatan Apple dan permintaan yang belum dimanfaatkan di kalangan kelas menengah yang sedang berkembang di China, penjualan tidak menunjukkan tanda-tanda berhenti.

China, yang juga termasuk Hong Kong dan Taiwan dalam akuntansi Apple, mewakili 29 persen dari seluruh penjualan, dibandingkan dengan 37 persen untuk Amerika. Pada tahun 2012, angka setara yang China 20 persen dan Amerika di 42 persen. Uniknya Apple bisa memenangkan hati konsumennya dengan besar layar yang dimiliki oleh iPhone 6 Plus dan warna emas yang merupakan satu di antara pilihan warna yang ternyata sangat memainkan peranan penting bagi konsumen di China.

Penjualan iPhone paling meningkat tajam saat menuju liburan Tahun Baru Imlek dan warna emas yang ada pada iPhone membuat banyak orang di China memilihnya sebagai gadget terbaru mereka. Konsumen tidak hanya mendapatkan produk Apple tersebut dengan cara yang legal. Karena tingginya permintaan bahkan banyak yang menyelundupkan smartphone tersebut ke China untuk menekan harga menjadi lebih murah.

Selain itu konsumen juga banyak yang memilih iPhone bekas atau rekondisi supaya bisa memiliki smartphone yang mereka idam-idamkan tersebut sementara kantong mereka tidak bisa membayar yang baru. Ini tentunya sangat menunjukkan pada kita bahwa iPhone sangat diminati di sana secara ‘luar biasa’.

Sekarang Apple sendiri sedang merencanakan untuk menggandakan jaringan ritel di negara tersebut pertengahan tahun depan dan tentu saja memperluar layanan pengiriman online. Ini semua dilakukan untuk melayani kelas menengah China, yang tumbuh sangat cepat. Benar-benar tambang emas buat Apple ya?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY