Snapdragon 820

Belakangan ini nama besar Qualcomm di industri chipset mulai sedikit diragukan. Hal ini tidak lepas dari masalah overheating yang terjadi pada chipset Snapdragon 810 yang sebenarnya dirancang untuk perangkat–perangkat unggulan dengan performa gahar.

Dengan terus berlanjutnya masalah tersebut, santer dikabarkan jika Qualcomm sesegera mungkin akan menyiapkan chipset penerusnya yang tentunya lebih baik. Chipset yang dimaksud adalah Snapdragon 820.

Untuk pembuatan chipset baru ini kabarnya qualcomm akan menggandeng Samsung untuk menggarapnya. Qualcomm sepertinya menyadari betul bahwa prosesor Snapdragon 810 besutannya menghadapi banyak rintangan. Atas dasar itu raksasa chip ponsel ini pun disebut-sebut ingin buru-buru menggarap Snapdragon 820. Dan Qualcomm kabarnya menggandeng Samsung untuk menggarapnya. Sebelumnya, Qualcomm mempercayakan penggarapan Snapdragon 810 pada Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Rencana pemilihan Samsung sebagai mitra sebenarnya cukup mengagetkan. Pasalnya, Samsung sebelumnya urung menggunakan chipset snapdragon 810 untuk mempersenjatai perangkat andalannya, Samsung Galaxy S6. Samsung lebih memilih menggunakan chipset buatannya sendiri karena Snapdragon 810 dinilai memiliki banyak kekurangan.

Samsung memang cukup serius menggarap chipsetnya tersebut. Perusahaan asal Korea Selatan itu sudah mampu memproduksi chipset dengan proses fabrikasi 14 nm FinFet. Mungkin karena alasan inilah Qualcomm hendak mempercayakan penggarapan chipsetnya pada Samsung. Apalagi chipset yang digunakan pada Samsung Galaxy S6 tampaknya tidak terlalu mendapat banyak masalah.

Sebenarnya TSMC berecana untuk melakukan penggarapan chip dengan proses fabrikasi 16 nm yang lebih baik. Namun sepertinya rencana tersebut tidak bisa segera direalisasikan sehingga Samsung akan mengalihkan kerjasama pada Samsung. Qualcomm pastinya tidak infgin masalah yang terjadi pada Snapdragon 810 terulang lagi sehingga mereka tidak mau sembarangan memilih mitra untuk memproduksi chip yag dikembangakannya.

Proses pembuatan chip dengan fabrikasi 14 nm finFet yang telah mampu digarap oleh Samsung sejak awal memang sudah menarik perhatian banyak pihak utamanya bagi produsen chip. Kabarnya tak hanya Qualcomm yang akan bekerjasama dengan Samsung dalam hal produksi chipset. Perusahaan raksasa sekelas Apple juga dikabarkan akan menarik kerjasamanya dengan TSMC dan akan beralih ke Samsung. Apple disebut-sebut akan menyerahkan produksi prosesor Apple A9 pada perusahaan asal Korea Selatan itu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY