MediaTek Chipset

MediaTek merupakan salah satu chipset yang banyak disematkan pada smartphone yang berdar di pasaran saat ini. Chipset Mediatek banyak digunakan pada smartphoen kelas menengah ke bawah. Karenanya smartphoen yang menggunakan chipset MediaTek biasanya dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun begitu performa yang dihasilkan tidaklah mengecewakan.

Chipset buatan MediaTek merupakan salah satu pesaing serius Chipset buatan Qualcomm yang banyak digunakan pada smartphone flagship. Untuk mengimbangi kemampuan chipset buatan qualcomm, MediaTek beberapa waktu yang lalu juga dikabarkan tengah mentiapkan chipset yang siap menyaingi chipset besutan Qualcomm dengan sasaran perangkat high end. Selama ini chipset buatan MediaTek memang dinilai setingkat dibawah chipset yang dihasilkan Qualcomm.

Tidak hanya akan membuat chipset untuk perangkat high end, MediaTek juga santer dikabarkan tengah menyiapkan prosesor untuk perangkat tablet. MediaTek akan memproduksi dua prosesor SoC yaitu MT8163 dan MT8735. Prosesor tersebut quad core dengan komputasi 64-bit. Chipset Mediatek MT8163 merupakan prosesor yang nantinya akan disematkan pada perangkat tablet yang hanya mengandalkan konektivitas WiFi.

Chipset jenis ini memiliki arsitektur ARM Cortex-A53 dan diklaim dapat medukung tampilan dengan rseolusi 1.080p. Prosesor ini juga siap digunakan untuk perangkat yang akan dijalankandengan system operasi Android Lollipop 5.0.

Sementara itu, chipset MediaTek MT8735 disiapkan untuk tablet yang dibekali dengan kartu SIM. Jaringan yang didukung adalah FDD-LTE, WCDMA, TDD-LTE, CDMA2000, 4G Tablet TDS, dan GSM. Chipset ini juga berbasis ARM Cortex-A53 dengan dukungan video playback H.265 dan fitur dual-band WiFi. Untuk kecepatannya, chipset MediaTek MT8735 disebut lebih lambat jika dibandingkan MediaTek MT8163.

Kedua chipset baru buatan MediaTek ini disebut-sebut akan mampu menghasilkan skor AnTuTu yang cukup tinggi yakni di kisaran 30.000. Target pasarnya adalah perangkat tablet kelas menengah. MT8163 dan MT8735 akan mulai dipasarkan dalam waktu dekat di bulan April ini. Jika nantinya chipset ini benar-benar mampu menghasilkan performa yang handal, kemungkinan besar chipset ini akan dilirik oleh banyak vendor demi menghadirkan perangkat yang terajngkau dari segi harga tetapi tetap menyuguhkan kemampuan yang bisa diandalkan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY