Xiaomi

Ada kabar gembira bagi anda pecinta smartphone Xiaomi karena berita terbaru bahwa perusahaan produsen smartphone yang berbasis di tiongkok ini sedang mempertimbangkan untuk merakit smartphone buatannya di tanah air.

Pertimbangan tersebut tentunya tidak lepas dari kebijakan pemerintah terkait aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada perangkat seluler yang dijual di tanah air. Pemerintah memang cukup serius mengurus masalah ini. Pasalnya semakin lama semakin banyak ponsel impor yang masuk ke pasaran Indonesia. Tak hanya dari wilayah Asia namun juga dari Eropa.

Kebijakan pemerintah ini tampaknya cukup direspon positif oleh xiaomi yang cukup sukses menjual beberapa perangkat smartphone di tanah air. Produk-produk buatan xiaomi selalu menjadi incaran konsumen di Indonesia. Karenanya tidaklah berlebiha jika xiaomi berencana untuk merakit ponsel buatannya di Indonesia.

Keinginan xiaomi untuk merakit ponselnya di tanah air itu disampaikan oleh Steve Vickers yang merupakan General Manager Xiaomi untuk wilayah Asia Tenggara. Peryataan tersebut dismapaikannya dalam acara peluncuran kerjasama bundling smartphone Xiaomi dan operator XL. Namun Xiaomi belum akan membangun pabrik perakitan di Indonesia. Mereka hanya akan bekerjasama dengan perusahaan local untuk merakit ponsel Xiaomi di Indonesia. Kebijkan ini seperti yang diterapkan oleh OPPO beberapa waktu yang lalu yang juga berencana untuk melakukan proses perakitan ponsel buatannya di tanah air.

Pihak xiaomi menargetkan rencana tersebut bisa segera diwujudkan di tahun 2015 ini. Proses pencarian mitra pun sedang dilakukan. Jadi kemungkinan tidak lama lagi smartphone xiaomi akan segera bisa dirakit di Indonesia.

Selain itu Xiaomi juga akan semakin memperkuat jaringan pendistribusian perangkat buatannya di tanah air. Untuk saat ini, Xiaomi menjual produknya secara offline dengan menggandeng Erajaya. Sementara untuk penjualan secara online , Xiaomi menggandeng Lazada dan juga Elevenia. Dengan pendistribusian yang terbatas saja Xiaomi mampu mencatatkan penjualan yang fantastis.

Dengan adanya rencana perluasan jaringan ini tentunya konsumen akan semakin mudah mendapatkan produk-produk Xiaomi. Meski tergolong sebagai pemain baru, Xiaomi cukup sukses menggaet hati konsumen untuk membeli produk-produknya. Apalagi kalau sudah dirakit di Indonesia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY