Red Star OS

Korea Utara adalah salah satu Negara yang paling tertutup dan misterius di dunia. Negara yang saat ini berada dibawah kepemimpinan Kim Jong Un itu dikenal sangat mandiri dalam berbagai hal dan tidak membutuhkan bantuan dari Negara lain. Tentu anda sudah banyak mendengar atau membaca fakta-fakta mengenai betapa tertutupnya Negara ini.

Lalu di era teknologi yang serba canggih ini, bagaimanakah perkembangan teknologi di Korea Utara? Di bidang teknologi pastinya Korea Utara pastinya belum bisa disejajarkan dengan saudaranya, Korea Selatan. Namun ternyata Korea utara cukup percaya diri mengembangkan teknologi secara mandiri. Salah satunya adalah mengenai system operasi yang digunakan pada perangkat computer. Tentunya system operasi yang mereka kembangkan memiliki tingkat kemanan yang tinggi karena banyak yang menngincar rahasia Negara ini.

OS yang merupakan produk asli Korea Utara itu dinamakan Red Star. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Korea Computer Center, sebuah lembaga yang terletak di pusat kota Pyongyang. Red Star merupakan system operasi berbasis Linux sehingga dapat dengan bebas dimodifikasi. Saat ini system operasi ini telah memasuki versi 3.0.

Terungkapnya tampilan system operasi yang digunakan di korea utara ini setelah seseorang yang merupakan mantan karyawan Google suatu ketika berkunjung ke korea utara dan mengajar di universitas Pyongyang. Orang yang bernama Will Scott itu kemudian membeli salinan OS Red star sebelum dia kembali ke Amerika serikat. Hingga akhirnya dia mengunggah tampilan OS tersebut ke internet.

Dari gambar tersebut diketahui jika OS Red star memiliki desain yang mirip dengan Mac OS X, system operasi buatan Apple. Kabarnya red star memang sengaja didesain seperti Mac OSX atas permintaan Kim Jong Un. Dia menyukai desain Mac OS X yang digunakan pada computer iMac di kantornya sehingga memerintahkan agar desain red star 3.0 dibuat mirip dengan os buatan apple tersebut. Red Star versi sebelumnya memliki tampilan yang mirip dengan windows XP. Pengguna Red star juga bisa menggunakan aplikasi Windows karena didalamnya disertakan aplikasi Wine.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY