Snapdragon 815

Setelah Snapdragon 810 ditemukan mengalami beberapa masalah yang terutama berkaitan dengan panas yang berlebih, Qualcomm dikabarkan telah menyiapkan chipset baru yang tentunya lebih baik dibandingkan pendahulunya itu. Beberapa hari yang lalu juga telah muncul perbandingan anatara snapdragon 810 dengan chipset baru, Snapdragon 815.

Dalam perbandingan tersebut diperlihatkan bahwa snapdragon 815 lebih dingin jika dibandingkan dengan snapdragon 810 yang digunakan pada beberapa perangkat andalan. Sebelumnya beberapa keluhan mengenai Chipset snapdragon 810yang sangat mudah mengalami overheating atau panas berlebih. Padahal perangkat yang menggunakan chipset ini kebanyakan merupakan perangkat kelas premium.

Setelah adanya bocoran bahwa chipset terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 815 lebih dingin dibandingkan Snapdragon 810, kini bocoran lainnya juga mulai mengemuka. Sebuah sumber menyebutkan jika Qualcomm snapdragon 815 akan menggunakan empat prosesor Cortex A72. Tidak hanya itu saja, chipset ini juga akan menggunakan empat prosesor Cortex A53. Masih menurut sumber tersebut, Snapdragon 815 akan disandingkan dengan GPU Adreno terbaru yakni Adreno 450. (Baca: Snapdragon 810 Terlalu Panas, Qualcomm Siapkan Chipset Baru Snapdragon 815)

Snapdragon 815 akan dibuat dengan menggunakan proses FinFet terbaru yang dipadukan dengan teknologi 16nm yang diklaim memiliki suhu yang lebih dingin. Kabarnya Qualcomm juga akan mengaplikasikan tweak pada prosesor Cortex yang digunakan Snapdragon 815. Tweak tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan performa chipset Snapdragon 815.

Lalu bagaimana nasib Snapdragon 810? Digadang-gadang sebagai salah satu chipset terbaik nyatanya chipset tersebut masih memiliki banyak kekurangan. Apalagi masalah panas berlebih adalah salah satu masalah yang cukup mengganggu bagi para pengguna. Namun, kemungkinan besar chipset snapdragon 810 belum akan digeser dalam waktu dekat. Pasalnya perangkat yang menggunakan chipset ini beberapa diantaranya baru saja diluncurkan. Bahakan ada beberapa perangkat yang masih direncanakan akan menggunakan chipset snapdragon 810 meskipun beberapa keluhan sudah banyak terungkap.

Salah satu perangkat yang dikabarkan akan meggunakan chipset snapdragon 810 adalah smartphone flagship besutan LG, LG G4 yang bocorannya sudah banyak beredar. Selain LG G4, Mi note Pro dan sony Xperia Z4 juga disebut-sebut akan memakai chipset Snapdragon 810.

Dengan alasan tersebut maka kemungkinan besar Qualcomm belum akan merilis Snapdragon 815 dalam waktu dekat. Selain snapdragon 810, Qualcomm juga baru saja merilis Snapdragon 801.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY