Microsoft Spartan Browser

Beberapa waktu lalu diberitakan kalau browser Internet Explorer akan segera dihentikan dan akan digantikan oleh browser Spartan. Selama ini Internet Explorer sendiri tidak begitu diminati oleh pengguna perangkat berbasis Windows. Salah satu alasannya adalah karena platform browser bawaan Windows itu bukan open source sehingga tidak banyak aplikasi dan fitur yang menarik. Selain itu tampilannya juga terkesan monoton.

Tampaknya Microsoft cukup menyadari kelemahan yang ada pada Internet Explorer sehingga terus berupaya untuk melakukan perubahan. Melalui browser Spartan, Microsoft ingin memberikan inovasi tersendiri sehingga pengguna lebih tertarik untuk menggunakannya. Salah satunya dengan memberikan keleluasaan pada pengembang software dari pihak ketiga untuk menghadirkan browser yang lebih baik dari Internet Explorer. Dikutip dari situs The Verge, Microsoft telah sepakat untuk bekerjasama dengan beberapa pengembang aplikasi web untuk menambah beberap konten dan juga aplikasi yang menarik pada browser Spartan yang akan digunakan sebagai browser utama pada system operasi Windows 10.

Ada beberapa nama yang ikut mendandani Browser terbaru besutan Microsoft ini. Namun baru minggu depan Microsoft akan memberikan informasi detail mengenai detail pengembang yang akan menjalin kerjasama dalam proyek browser Spartan ini.
Meski begitu sudah ada beberapa nama yang mulai mengemuka, misalnya Adobe. Microsoft menggandeng Adobe untuk membantu proyek Spartan. Sebelumnya Adobe lebih banyak terlibat dalam pengembangan browser lainya yang lebih terbuka pada pengembang. Namun kini, Microsoft tampaknya sudah mulai mempermudah masuknya pengembang dari luar demi menarik perhatian pengguna.

Adobe akan mendapat kepercayaan untuk membuat rancangan layout, desain grafis, tipografi, dan juga animasi pada browser Spartan. Tampaknya Microsoft ingin menghilangkan image monoton pada browser bawaannya. Spartan disebut-sebut akan memiliki tampilan yang lebih ekspresif sehingga pengguna pun semakin tertarik untuk menggunakannya.

Untuk saat ini Windows 10 yang baru beberapa waktu lalu diluncurkan masih menggunakan Internet Explorer sebagai browser defaultnya. Tentunya banyak pengguna yang mengharapkan agar proyek Spartan segera bisa disempurnakan, sehingga pengguna bisa segera merasakan perubahan positif yang dihadirkan Microsoft pada browser terbarunya ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY