Microsoft

Semakin bertambahnya jumlah pengguna perangkat berbasis android, membuat banyak perusahaan utamanya yang bergerak di bidang teknologi, tergiur untuk menjalin kerjasama dengan pengembang OS Android maupun vendor yang memproduksi perangkat android. Salah satunya adalah raksasa teknologi, Microsoft yang baru-baru dikabarkan akan bekerjasama dengan beberapa vendor untuk memasang aplikasi Office dan Skype pada perangkat berbasis Android buatannya.

Kerjasama ini tentunya bertujuan untuk mendatangkan keuntungan yang lebih besar bagi Microsoft mengingat pesatnya penggunaan pernagkat berbasis android. Sebelumnya Microsoft juga sudah menjalin kerjasama dalam penembangan aplikasi android dengan nilai miliaran dolar.

Salah satu vendor yang akan digandeng oleh Microsoft adalah perusahaan ternama yang berbasis di Korea selatan, Samsung. Jadi nantinya Microsoft akan menyertakan aplikasi Office dan Skype yang dikembangkan perusahaannya pada perangkat android besuta Samsung.

Tidak hanya Samsung saja yang akan digandeng oleh Microsoft. Perusahaan seperti Pegatron, Dell, dan juga 11 OEM regional di kawasan Eropa, Kanan, dan wilayah Asia akan ikut menjalin kerjasama dengan Microsoft dalam hal penyertaan aplikasi pre-install pada perangkat android yang akan diluncurkan pada tahun 2015 ini.

Kabar mengenai kerjasama besar-besaran yang digagas Microsoft ini dimuat di laman blog Microsoft dan diungkapkan langsung oleh Executive Vice President Business Development-nya yang bernama Peggy Johnson.

Dengan adanya kerjasama ini, pihak Microsoft berpendapat bahwa nantinya pihak OEM akan sangat diuntungkan. Pasalnya perangkat yang mereka produksi akan mengalami peningkatan value yang diharapkan juga mampu mendongkrak angka penjualannya. Jadi kerjasama ini dipastikan akan memberikan keuntungan tidak hanya bagi Microsoft tapi juga pihak-pihak yang bekerjasama.

Menurut pihak Microsoft, munculnya gagasan kerjasama untuk menyediakan aplikasi Office dan Skype pre-instal pada perangkat android berawal dari beberapa permintaan konsumen yang ingin menggunakan beberapa aplikasi tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Dengan begitu konsumen kemungkinan akan lebih tertarik untuk membeli perangkat android tersebut. Saat ini beberapa vendor memang sudah banyak yang menawarkan aplikasi pre- installed pada perangkat berbasis Android buatannya. Cara seperti itu dinilai akan lebih memudahkan penggunanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY