Snapdragon 810 Terlalu Panas, Qualcomm Siapkan Chipset Baru Snapdragon 815

Snapdragon 810 Terlalu Panas, Qualcomm Siapkan Chipset Baru Snapdragon 815

872
0
SHARE
Snapdragon 810

Snapdragon 810

Meski dikenal handal dan banyak digunakan pada ponsel pintar andalan vendor-vendor ternama di tahun 2015 ini, chipset Snapdragon 810 ternyata masih belum bisa dikatakan sempurna. Belakangan ditemukan beberapa masalah pada ponsel yang menggunakan prosesor tersebut. HTC dan Samsung menemukan adanya masalah panas yang berlebihan pada perangkat buatannya yang menggunakan chipset ini. Padahal snapdragon 810 diklaim sebagai chipset yang paling mutakhir dan paling canggih untuk saat ini.

Mengenai temuan masalah panas berlebih ini, pihak Qualcomm belum menyampaikan tanggapan resmi. Namun rupanya Qualcomm sedang melakukan pengujian terhadap 3 chipset andalannya yakni snapdragon 810, snapdragon 801, dan sebuah prosesor terbaru besutannya snapdragon 815. Mungkin pengujian ini merupakan bentuk respons Qualcomm terhadap keluhan yang muncul dan mereka akan segera menyiapkan chipset yang lebih adem.

Pengujian ketiga chipset buatan Qualcomm itu dilakukan dengan cara membandingkan suhu ketiganya pada saat digunakana untuk menjalankan game Asphalt 8 Airborne. Ketiga chipset tersebut dibenamkan pada perangkat yang memiliki layar 5 inchi beresolusi 1080p dan dukungan RAM 3GB. Pengujian dilakukan tanpa mengaktifkan koneksi seluler maupun wifi. Hasilnya ditunjukkan dalam sebuah grafik.

uji prosesor snapdragon
Dalam grafik tersebut ditunjukkan jika chipset terbaru snapdragon 815 mencatatkan suhu yang lebih rendah jika dibandingkan dengan 2 chipset lainnya snapdragon 810 dan juga snapdragon 801. Ketika digunakan untuk memainkan game Asphalt 8, perngakta yang menggunakan chipset snapdragon 815 hanya mencapai suhu 39 derajat celcius. Sedangkan pendahulunya, snapdragon 810 mencatatkan suhu yang lebih tinggi yakni 44 derajat celcius. Bahkan snapdragon 810 juga masih lebih tinggi dibandingkan dengan snapdragon 801 yang suhunya mencapai 42 derajat celcius.

Kemungkinan besar chipset snapdragon 815 ini akan menggeser snapdragon 810 yang banyak dikeluhkan karena masalah panas berlebih. Namun, pihak Qualcomm sendiri belum menjelaskan secara detail mengenai chipset terbarunya ini termasuk kapan tanggal perilisannya. Dengan chipset snapdragon 815 yang lebih adem, tentu beberapa vendor akan lebih tertarik dengan chipset ini karena akan membuat daya tahan perangkat lebih lama.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY