Mengenal Lebih Dekat Teknologi Jaringan 4G LTE

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Jaringan 4G LTE

767
0
SHARE
Jaringan 4G LTE

Jaringan 4G LTE

Layanan koneksi internet cepat 4G kini sudah bisa dinikmati masyarakat Indonesia. Meski baru tersedia di beberapa kota besar saja, kehadiran layanan 4G LTE tentunya menjadi angin segar bagi para netizen tanah air. Dengan adanay koneksi super cepat berbasis 4G ini, pengguna akan merasakan sensasi menoton video online hingga bermain game online tanpa harus merasa jenuh karena menunggu proses loading yang lama. Proses download danupload juga akan semakin cepat.

Layanan 4G memang sedang menjadi perbincangan yang sedang hangat-hangatnya di tanah air. Sebagai masyarakat awam tentu banyak dari kita yang belu mengerti betul mengenai apa sesungguhnya 4G itu. Yang kita tau teknologi 4G pastinya lebih cepat dari 3G yang sebelumnya digunakan. Berikut ini kami sampaikan sedikit informasi mengenai teknologi 4G yang dapat menambah wawasan para pembaca.

Apa itu 4G? Oke dimulai dari kepanjangannya dulu. 4G adalah sebuah singkatan yang kepanjangannya adalah adalah Fourth-Generation Technology. Istilah tersebut mengacu pada standar teknologi yang digunakan telepon seluler dimana jaringan yang digunakan adalaha broadband ultra yang merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya yaitu 2G dan 3G.

Menurut Wikipedia, 4G merupakan system yang berbasis IP terintegrasi penuh dengan menggunakan konversi teknologi kabel dan nirkabel yang dapat menghasilkan kecepatan 100 Mbps hingga 1 Gbps di dalam maupun diluar ruangan. 4G menyajikan layanan data berkualitas dan memiliki keamanan tertinggi untuk saat ini.

Sebelumnya kita akrab dengan layanan berbasis 3G misalnya CDMA EVDO , WCDMA, atau UMTS. Setingkat diatasnya setelah itu muncul 3,5G atau yang juga biasa disebut HSDPA yang kecepatannya menembus 14,4 Mbps. Hingga saat ini layanan ini masih sangat banyak digunakan karena rata-rata modem maupun ponsel yang digunakan belum mendukung 4G.

Ada beberapa teknologi yang masuk dalam kategori 4G ini yaitu WiMax, UMB(Ultra Mobile Broadband) dan LTE. Koneksi 4G LTE menawarkan kecepatan download hingga 300 Mbps dan kecepatan upload hingga 75 Mbps. Namun pada prakteknya tidak secepat itu karena setiap Negara mempunyai kebijakan masing-masing.

Nah agar dapat mengakses layanan data super cepat berbasis 4G pengguna harus memiliki perangkat yang sudah mendukung teknologi 4G. Jadi jika di kota anda sudah tercover jaringan 4G, pastikan perangkat yang anda miliki sudah mendukung 4G agar dapat merasakan sensasi kecepatan akses internet berbasis 4G.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY