Mau Beralih ke Windows 10? Cek Dulu Spesifikasi Perangkat Anda

Mau Beralih ke Windows 10? Cek Dulu Spesifikasi Perangkat Anda

938
0
SHARE
Windows 10

Windows 10

Tak lama lagi system operasi Windows 10 sudah mulai bisa digunakan baik pada perangkap desktop maupun pada notebook ataupun perangkat mobile. Agar dapat dijalankan dengan system operasi terbaru Windows ini tentunya ada beberapa spesifikasi minimum yang harus dimiliki perangkat anda agar Windows 10 dapat berjalan dengan lancer dan kinerjanya lebih optimal. Sangat penting untuk mengetahui syarat minimum untuk menjalankan Windows 10 agar anda tidak kecewa nantinya.

Untuk perangkat mobile seperti ponsel pintar atau tablet ada beberapa persyaratan yang setidaknya harus dimiliki antara lain RAM minimal 512 MB dan memori internal dengan kapasitas tidak kurang dari 4 GB. Rasanya semua ponsel saat ini sudah mampu untuk menjalankan system operasi Windows 10 karena saat ini sudah banyak ponsel yang dibekali dengan RAM 1GB, bahkan hingga 4 GB.

Windows 10 dapat dijalankan pada perangkat mobile dengan ukuran layar mulai dari 3 inchihingga 7,99inchi. Resolusi yang didukung antara lain WVGA, HD, FWVGA, qHD, WXGA, WSVGA, QSXGA, WXQGA dan QWXGA.

Sistem operasi terbaru besutan Microsoft ini juga sudah mendukung beberapa chipset terbaru seperti Qualcomm Snapdragon 810, Snapdragon 615, Snapdragon 808, Snapdragon 210 dan Snapdragon 208. Tidak hanya chipset buatan Qualcomm, windows 10 juga mendukung chipset buatan Intel seperti Intel Atom Cherry Trail, Skylake,dan Atom x3. Untuk anda pengguna perngakta denganchipset AMD, Windows 10 sudah mendukung AMD Carrizo dan Carrizo-L terbaru.

Lalu bagaimana syarat minimum untuk desktop dan notebook? Minimum RAM yang dibutuhkan adalah 1 GB dengan kapasitas penyimapanan minimal 16 GB untuk versi 32 bit dan 2 GB dengan kapasitas penimpanan minimal 20 GB untuk versi 64 bit. Untuk prosesornya, Windows 10 mensyaratkan kecepatan minimal 1 Ghz. Lebih tinggi tetu akan lebih baik untuk kinerja yang lebih optimal.

Kesimpulannya, Windows 10 sudah dapat dijalankan pada laptop ataupun desktop dengan spsesifikasi standar saja. Jadi untuk anda yang ingin menggunakan system operasi Windows 10, sebaiknya dilihat dulu apakah perangkat yang anda miliki sudah memenuhi persyaratan minimal yang dibutuhkan. Jika tidak sebaiknya anda tidak memaksakannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY