Cara Isi Ulang Baterai Ponsel

Masalah lemahnya daya tahan baterai ponsel pintar menjadi salah satu hal yang paling banyak dikeluhkan para pengguna. Sebenarnya masalah tersebut timbul akibat penggunaan ponsel yang sangat intensif sehingga bukanlah suatu kebetulan jika baterainya cepat sekali habis.

Sebuah pemandangan yang teramat umum jika para pengguna smartphone terlihat membawa powerbank kemana-mana. Maklum saja, powerbank menjadi alat paling praktis agar ponselnya tetap bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Apalagi untuk ponsel yang baterainya sudah semakin menurun performanya.

Sebenarnya borosnya baterai smartphone tidak hanya karena penggunaan yang intens, namun juga karena cara charging baterai yang tidak sesuai dengan aturan yang benar. Banyak pengguna yang mengabaikan proses charging yang benar sehingga mendapati baterai smartphone-nya semakin boros dari hari ke hari.

Lalu bagaimana cara charging yang dianjurkan agar baterai dapat bertahan lebih lama?
Lucky Sebastian , pakar sekaligus pendiri komunitas ID-Android dan Gadtorade, seperti dilansir dari liputan6.com mengatakan bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pengguna agar baterai ponselnya lebih awet.

Salah satunya adalah menghindari pengisian ulang baterai pada saat baterai sudah kehabisan daya sama sekali. Sebaiknya baterai segera diisi ulang ketika daya yang tersisa masih 20-30 %. Jadi jangan tunggu habis dulu baru diisi ulang. Dengan membiasakan cara pengisian ulang baterai seperti itu, masa cycle atau frekuensi pengisian ulang baterai akan menjadi lebih panjang sehingga baterai lebih awet.

Baterai smartphone yang ada di pasaran saat ini terdiri dari 2 jenis yaitu Li-ion dan Li-Polymer. Saat ini kebanyakan ponsel pintar menggunakan baterai berjenis Li-ion karena baterai jenis Li-Polymer masih dalam tahap pengembangan.

Masa cycle baterai Li-ion umumnya adalah 500 kali. Jadi ketika pengguna mengisi ulang baterai lebih dari 500 kali, baterainya akan mengalami penurunan performa. Jadi baterai ponsel memang ada masa pakainya. Jika pengisian ulang dilakukan dengan benar maka masa pakainya bisa semakin lama dan tentunya anda tidak perlu segera membeli baterai baru untuk ponsel anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY