Sadap Ponsel

Semakin canggihnya teknologi komunikasi ternyata juga memiliki dampak negatif. Yang marak terjadi sekarang ini adalah masalah penyadapan. Penyadapan sendiri sangat lumrah dalam dunia intelijen. Tujuannya memang positif yaitu untuk menyelidiki sebuah kasus. Namun apa yang belakangan ramai dibicarakan yaitu kasus penyadapan terhadap dua operator seluler di Indonesia oleh Australia dan Selandia Baru bukanlah sebuah tindakan yang bisa dibenarkan.

Ponsel memang merupakan perangkat teknologi yang hampir selalu dibawa setiap orang kemanapun ia pergi. Penggunaannya juga sangat intens dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk telpon, mengirim sms, akses data dan sebagainya. Bagi orang atau instansi yang membutuhkan privasi tinggi, penggunaan ponsel bisa sangat berbahaya karena ada banyak pihak yang ingin mencuri privasi melalui ponsel.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui kalau ponsel yang kita gunakan sedang disadap? Hal tersebut sebenarnya bisa diketahui dari tanda-tanda yang terjadi pada ponsel yang anda gunakan.

Tanda-tanda tersebut antara lain:

  • Suhu Baterai terlalu tinggi padahal ponsel sedang dalam kondisi tidak menyala atau tidak digunakan untuk mengakses aplikasi yang berat. Kemungkinan, sedang ada pihak ketiga yang mengunduh informasi dari ponsel anda.
  • Baterai cepat sekali habis yang kemungkinan disebabkan oleh pihak ketiga yang merekam pembicaraan anda dengan orang lain.
  • Ponsel tidak bisa dimatikan. Hal ini kemungkinan karena penyadap yang mengontrol aktifitas ponsel anda.
  • Ponsel terlalu berisik yang disebabkan suara yang tidak jelas darimana asalnya
  • Terdapat aktivitas aneh yang berjalan pada ponsel anda seperti aktifitas download yang tidak wajar.

Jika diperhatikan, tanda-tanda diatas seperti yang biasa terjadi pada ponsel yang terkena serangan virus. Jadi tidak bisa dipastikan jika kemunculan tanda-tanda tersebut pada ponsel anda merupakan indikasi adanya penyadapan oleh pihak ketiga.

Bisa saja itu karena kesalahan yang terjadi pada hardware perangkat mobile anda. Namun, tidak ada salahnya untuk selalu waspada jika muncul tanda-tanda tersebut agar kita jangan sampai menjadi korban penyadapan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY