Sony Xperia

Pabrikan asal Jepang, Sony dikabarkan akan melepas divisi Xperia yang selama ini bergerak di bidang ponsel pintar. Jadi, mungkin anda tidak akan lagi melihat lagi nama sony dan Xperia saling berdampingan.

Kabar yang tidak begitu menyenangkan ini mulai menyeruak ketika Pabrikan asal Jepang itu diprediksi akan kehilangan banyak keuntungan di tahun 2015 ini dimana kehilangan tersebut berasal dari divisi ponselnya. Dengan prediksi akan adanya kerugian ini, bisa diartikan jika divisi ponsel Sony tidak menunjukkan tren positif pada 6 tahun terakhir.

Nyatanya pihak sony sendiri melalui CEO nya, Kazuo Hirai justru membenarkan tentang adanya masalah keuangan yang terjadi di perusahaan yang ia pimpin. Timnya saat ini akan lebih memfokuskan diri untuk menjalankan sector bisnis yang berada dalam tahap berhasil.

Sedangkan Xperia, saat ini memang kurang begitu menunjukkan tren positif terhadap penjualan ponselnya. Divisi ini dinilai tidak bisa memberikan banyak keuntungan bagi Sony. Banyaknya competitor yang menawarkan produk ponsel pintar dengan spesifikasi yang bagus namun dijual dengan harga yang cukup murah mungkin jadi salah satu penyebabnya. Saat ini ada banyak vendor baru yang ikut meramaikan pangsa pasar ponsel pintar, terutama dari Tiongkok.

Dengan lesunya penjualan smartphone Xperia, banyak kalangan meprediksi jika tidak lama lagi sony akan segera menjual salah satu divisinya itu. Sebelumnya sony telah melepas salah satu divisinya yang bergerak di bidang notebook, Vaio. Vaio kini telah berada di tangan pemilik baru yang merupakan perusahaan investasi di Jepang, Japan Industrial Partners.

Pihak Sony menambahkan jika perusahannya kan lebih fokus menjalankan sector bisnis PlayStation yang selama periode tiga tahun mampu meningkatkan keuntungan perusahaan sebesar 2500%.

Sebenarnya selain divisi ponsel, ada divisi lain yang juga kurang menguntungkan bagi Sony yaitu divisi televisi. Produk televisi sony akhir-akhir ini memang jarang terdengar namanya. Padahal di masa kejayaannya televisi buatan Sony sangat laris di pasaran.

Mungkinkah Sony juga akan melepas bisnis televisinya? Mungkin saja sony akan memilih salah satu antara divisi ponsel ataukah televisi dan mungkin juga akan melepas keduanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY