Legacy Contact

Legacy Contact salah satu fitur Facebook diamana penggunanya bisa mewariskan akun jika meninggal dengan terlebih dahulu menambahkan ahli waris. Namun sayangnya fitur ini belum tersedia untuk pengguna di Indonesia. Facebook telah memiliki lebih dari 1,4 milliar pengguna di seluruh dunia. Meski sebenarnya kurang aman, sebagian pengguna masih menjadikan Facebook sebagai tempat untuk menyimpan data maupun informasi pribadinya. Yang jadi masalah adalah jika suatu ketika penggunanya meninggal tiba-tiba tanpa meninggalkan informasi apapun mengenai data akses akun Facebooknya.

Ternyata pengembang Facebook cukup memahami masalah ini. Facebook akan menambahkan sebuah fitur dimana anggota keluarga pengguna dapat ditambahkan sebagai ahli waris. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan yaitu si pemilik meninggal, pihak Facebook akan menghubungi ahli waris yang kontaknya telah ditambahkan pada sebuah fitur yang dinamakan “Legacy Contact”.

Fitur tersebut akan ditambahkan pada halaman pengaturan privasi. Pada fitur tersebut pengguna diizinkan untuk menambahkan kontak anggota keluarganya yang dipercaya sebagai ahli warisnya. Ahli waris tersebut nantinya akan dapat mengakses semua data pribadi yang disimpan di akun Facebook pengguna yang telah meninggal tersebut. Selama ini banyak akun facebook yang tidak terurus karena penggunanya telah meninggal. Bahkan akun yang telah ditinggal mati penggunanya seringkali menjadi ajang iklan sampah.

Dengan adanya fitur Legacy Contact, nantinya ahli waris akan dapat mengakses Akun Facebook keluarganya yang telah meninggal seperti merepon permintaan pertemanan dan mengganti foto profil. Ahli waris tersebut juga diijinkan untuk menulis postingan di Timeline. Namun orang tersebut harus menggunakan profilnya sendiri, bukan akun pemilik yang telah meninggal.

Namun tidak semuanya dapat diakses oleh ahli waris akun Facebook. Privasi dari pemilik asli akun Facebook tetap dijaga dengan tidak memberi hak akses untuk mengganti pengaturan dan membaca pesan pribadi yang ditujukan pada pengguna yang telah meninggal.

Fitur yang mirip seperti Legacy Contact Facebook ini sebelumnya telah disediakan oleh Google pada tahun 2013 yang lalu dengan nama ‘Inactive Account Manager’. Fitur ini memungkinkan pemilik akun Gmail dan dokumen di Google Drive untuk mewariskan data-data di dalamnya kepada orang lain yang dipercaya jika sewaktu-waktu pemilik tersebut meninggal.

Sayangnya fitur Legacy Contact ini belum bisa digunakan oleh pemilik Facebook di Indonesia. Fitur ini baru bisa digunakan oleh pemilik akun Facebook di wilayah UK.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY