Microsoft dan Samsung Akhirnya Berdamai

Microsoft dan Samsung Akhirnya Berdamai

611
0
SHARE
Microsoft dan Samsung

Microsoft dan Samsung

Masih ingat dengan konflik panas yang terjadi antara Samsung dan Microsoft pada bulan agustus tahun lalu? Sekedar mengingatkan kembali, saat itu konflik bermula ketika Microsoft mengajukan tuntutan kepada Samsung. Tuntutan tersebut disebabkan oleh tudingan Microsoft bahwa Samsung telah melanggar perjanjian mengenai perangkat berbasis Android yang diproduksinya.

Asal muasal konflik ini adalah ketika Microsoft membuat perjanjian tentang hak paten terhadap Android yang digunakan oleh Samsung pada tahun 2011. Masalah mulai timbul karena Samsung telat dalam membayarkan uang yang dijanjikan pada kesepakatan sebelumnya. Hingga pada akhirnya Microsoft mengajukan tuntutan di pengadilan di Amerika Serikat pada bulan Agustus dengan tuduhan bahwa Samsung menahan pembayaran atas penggunaan teknologi Microsoft pada perangkat yang mereka produksi.

Setelah beberapa waktu berlalu, kini konflik tersebut tampaknya telah redam. Kedua raksasa teknologi itu dikabarkan telah berdamai dan telah menyetujuai adanya kesepakatan bersama.

Dua bulan setelah tuntutan diajukan oleh Microsoft, pihak Samsung merespon tuntutan tersebut dengan cara mengajukan permohonan arbitrase melalui International Chamber of Commerce (ICC) atau Kamar Dagang Internasional.

Usaha Samsung untuk menyelesaikan pertikaian ini akhirnya berhasil. Pada akhirnya kedua belah pihak mengeluarkan pernyataan bersama bahwa mereka telah mencapai kata sepakat.  Jaewan Chi, Wakil Presiden Eksekutif Samsung dan David Howard, Wakil Presiden Microsoft menyatakan bahwa perselisihan yang terjadi antara Samsung dan Microsoft mengenai masalah pembayaran royalty  telah berakhir baik di pengadilan Amerika serikat maupun arbitrase ICC.

Sama seperti vendor Android lainnya, Samsung juga memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah royalti yang telah ditentukan kepada Microsoft atas  beberapa paten yang digunakan oleh system operasi Android.

Meskipun android merupakan buatan Google, namun untuk masalah royalty semuanya diserahkan pada vendor yang menggunakannya sebagai system operasi. Bagi Samsung yang produknya sangat laris diburu konsumen, tentunya bukanlah hal yang sulit untuk membayar royalty kepada Microsoft.

Hak Paten memang kerapkali menjadi permasalahan yang cukup pelik di bidang teknologi. Jika tidak segera diselesaikan tentunya akan merugikan kedua belah pihak yang bertikai tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY