Canon EOS 5DS dan Canon 5DS R, Kamera DSLR Dengan Resolusi 50...

Canon EOS 5DS dan Canon 5DS R, Kamera DSLR Dengan Resolusi 50 Megapiksel

921
0
SHARE
Canon EOS 5DS dan 5DS R

Canon EOS 5DS dan 5DS R

Beberapa waktu yang lalu Canon dikabarkan akan memproduksi kamera DSLR dengan resolusi yang sangat tinggi, 50 Megapiksel yaitu Canon EOS 5DS dan Canon 5DS R. Nah, kabar tersebut akhirnya menjadi kenyataan setelah pihak Canon resmi mengumumkan kehadiran kamera DSLR terbaru mereka yang memiliki resolusi tinggi teersebut pada Jumat, 6 Februari kemarin.

Istimewanya, Canon mengeluarkan 2 Kamera DSLR sekaligus dimana keduanya sama-sama dibuat dengan sensor full frame 50 megapiksel.

Lalu apakah yang membedakan dua kamera dengan resolusi super ini?

Meskipun secara kasat mata Canon EOS 5DS dan Canon 5DS R nampak sangat mirip, namun sebenarnya terdapat beberapa perbedaan pada spesifikasi dan juga fitur-fiturnya.

Canon EOS 5DS yang recananya akan dibandrol dengan harga 3.999 USD atau setara dengan Rp 50,3 juta memiliki filter low-pass yang terdapat di depan sensor kamera tersebut. Sedangkan, EOS 5DS R yang kabarnya akan dijual dengan harga lebih mahal yakni 4.299 USD  atau sekitar Rp 54 juta tidak dilengkapi  dengan filter low-pass.

Apakah kegunaan filter tersebut?

Penyematan filter pada kamera tersebut adalah untuk menekan efek Moire. Caranya adalah dengan sedikit “memburamkan” gambar digital yang dibidik.

Kedua kamera terbaru besutan Canon ini akan dibekali dengan prosesor Dual DIGIC 6. Keduanya juga dilengkapi dengan sistem fokus otomatis pada 61 titik, intervalometer yang berfungsi untuk memotret timelaps, mode crop 1,3x dan 1,6x, ISO 100-6400, fitur pengambilan gambar hingga 5fps serta sudah mendukung format RAW ukuran small serta medium.

Canon EOS 5DS dan Canon 5DS R juga dibuat berdasarkan rancangan yang sama yaitu rancangan yang digunakan pada produk pendahulunya, 5D Mark II. Semuanya dibuat sama dengan pendahulunya tersebut mulai dari tata letak pengendalian, sisi ergonomisnya, hingga mengenai weather sealing.

Pada kamera Canon EOS 5DS dan 5DS R juga terdapat sebuah modifikasi yang dapat meredam getaran internal saat lensa dalam kedua kamera tersebut bergerak membuka.

Pasti banyak juga yang penasaran kapan kamera super dari Canon ini akan dlepas ke pasaran agar bisa segera dirasakan sensasinya oleh konsumen. Rencananya , Canon akan merilis EOS 5DS dan EOS 5DS R pada bulan Juni tahun ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY