Cara Deteksi Virus dan Solusinya Pada Perangkat Android

Cara Deteksi Virus dan Solusinya Pada Perangkat Android

1126
0
SHARE
Cara Deteksi Virus Android

Cara Deteksi Virus Android

Semakin banyak pengguna sebuah system operasi tentunya juga berbanding lurus dengan semakin banyaknya malware yang akan menyerang OS tersebut. Begitu juga yang terjadi pada Android. Saat ini Saat ini, setidaknya ada sekitar 47 ribu jenis malware yang siap mengganggu perangkat Android  di seluruh dunia. Semakin banyaknya pengguna perangkat android membuat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab berusaha menciptakan malware-malware untuk menyerang system operasi tersebut. Sebagaimana kita ketahui bersama, sebagian besar perangkat mobile di dunia saat ini menggunakan android sebagai system operasinya. Terlebih lagi daya beli masyarakat terhadap ponsel android semakin meningkat seiring semakin murahnya harga ponsel android utamanya yang dibuat oleh vendor-vendor lokal.

Apakah anda pernah mengalami kejadian dimana bermunculan pop up dan iklan-iklan yang tidak penting di perangkat  android anda? Jika iya, anda patut curiga. Kemungkinan ada adware yang telah terinstal di perangkat tersebut. Ada beberapa malware yang menyerang perangkat android dengan cara meningkatkan penggunaan data dima smartphone anda akan berkali-kali mengakses  website atau  iklan yang menggangu bahkan  mndownload file besar  yang mungkin tidak anda ketahui hingga mengirim pesan. Lalu bagaiamanakah cara mendeteksi keberadaan malware di perangkat android?

Pertama yang harus anda lakukan adalah menginstal aplikasi antivirus di smartphone anda. Ada banyak aplikasi antivirus yang bisa didownload secara gratis seperti AVAST Mobile Security atau Kaspersky Internet Security.  Setelah antivirus tersebut terpasang pada perngkat android anda, segeralah lakukan proses scanning. Dengan begitu anda akan mengetahui apakah di perangkat android anda terdapat virus atau tidak. Antivirus bisanya juga memberikan informasi mengenai nama file yang terinfeksi oleh virus.

Jika ada aplikasi atau file yang terinfeksi maka anda harus segera mencopot atau menghapusnya dari perangkat android dengan menggunakan petunjuk dari antivirus tersebut.

Jika ada aplikasi atau file terinfeksi yang sulit dihapus maupun dicopot, ada kemungkinan perangkat anda diserang virus yang berbahaya. Jika ini terjadi maka cara yang paling cepat adalah dengan melakukan factory reset. Tapi dengan cara ini anda akan kehilangan semua aplikasi dan dan data pada perangkat android karena settingan akan dikembalikan seperti ketika baru pertama kali anda beli. Jadi pastikan telah memiliki backup untuk data atau aplikasi yang anda anggap penting. Untuk petunjuk cara resetnya anda bisa membaca buku panduan dari perangkat tersebut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY