Di Tangan Lenovo, Motorola Menyumbang Pendapatan $1,9 Miliar

Di Tangan Lenovo, Motorola Menyumbang Pendapatan $1,9 Miliar

536
0
SHARE
Motorola

Motorola

Tahun 2011 lalu, google membeli Motorola Mobility, bagian dari perusahaan Motorola yang khusus mengembangkan produk ponsel. Nilai pembeliannya adalah $12 miliar dimana prosesnya selesai pada tahun 2012. Pembelian Motorola oleh Google awalnya bertujuan untuk mendapatkan ribuan paten yang dimiliki perusahaan tersebut dan juga menyelamatkan bisnis Motorola yang sedang sekarat. Strategi yang dilakukan Google antara lain dengan cara mengembangkan bisnis ponsel Motorola dan mengurangi jumlah tenaga kerja. Di tangan perusahaan raksasa sekelas Google, Motorola sempat diprediksi akan bangkit lagi. Hal ini tidak lepas dari keberhasilan Google mengembangkan sebagian besar produk besutannya. Namun prediksi tersebut belum sempat terwujud karena kemudia Motorola dijual lagi ke perusahaan dari Tiongkok, Lenovo. Sepertinya Google belum mampu menemukan strategi yang jitu untuk membuat Motorola kembali Berjaya.

Pembelian Motorola oleh Lenovo yang secara kelas masih kalah dibandingkan dengan Google ternyata tidak sia-sia. Di tangan Lenovo tampaknya Motorola lebih mendapat perhatian. Anggapan ini cukup beralasan pasalnya pada kuartal terakhir 2014 smartphone Motorola sudah terjual hingga mencapai 10 juta unit. Padahal saat ditangani oleh Google penjualan yang dibukukan tidak terlalu tinggi. Jika dibandingkan pencapaian saat ditangani google setahun yang lalu, angka penjualannya mengalami kenaikan sangat tinggi hingga 118 % pada kuartal yang sama.

Sepertinya Lenovo cukup lihai dalam mengelola Motorola dibandingkan Google. Pihaknya juga memastikan Motorola akan bisa menyumbang keuntungan bagi perusahaan dalam kurun waktu 4 hingga 6 kuartal mendatang.

Sebenarnya ketika masa awal akuisisi oleh Google pada tahun 2011, Motorola pernah berhasil menual ponselnya sebanyak 11 juta unit. Namun kemudian penjualannya merosot cukup drastis hingga hanya terjual  5 juta unit pada kuartal ketiga. Hingga akhirnya bisnis ponsel Motorola mengalami kerugian pada tahun 2012 yang kemudian membuat Google melepasnya ke Lenovo.

Kini, Lenovo pun terbukti tidak hanya asal-asalan membeli Motorola. Di tangan vendor asal Tiongkok ini Motorola mampu menunjukkan tajinya kembali bahkan berhasil menyumbang pendapatan sebesar $1,9 miliar. Pendapatan tersebut tentunya lebih besar daripada yang didapatkan ketika masih ditangani google.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY