Nexian Akan Hadirkan Ponsel Android One

Nexian Akan Hadirkan Ponsel Android One

700
0
SHARE

android one

Android One akan segera hadir di Indonesia. Awalnya, platform yang dirancang untuk dipasarkan di Negara-negara berkembang ini baru tersedia di India. Vendor yang dipercaya menggarap smartphone Android One di India antara lain Micromax, Karbonn, dan Spice. Nah, sebentar lagi platform android yang diperuntukkan bagi ponsel dari kelas entry level ini akan bisa digunakan oleh pengguna android di Indonesia. Sebelumnya Google telah memperkenalkan platform Android One pada gelaran Google I/O, Juni 2014 lalu.

Platform Android One merupakan versi ringkas dari sistem operasi Android 4.4 KitKat. Karena dirancang untuk smartphone entry level yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi, maka dilakukan beberapa pengurangan pada platform android One ini. Tujuannya tentu saja supaya OS tersebut bisa berjalan lancar meskipun pada ponsel berspesifikasi rendah. Sejumlah pemangkasan dilakukan dengan tujuan agar Android One bisa berjalan mulus di ponsel dengan spesifikasi rendah. Pihak Google juga menyampaikan referensi mengenai desain smartphone yang disarankan untuk bisa menggunakan OS ini dengan optimal. Referensi tersebut disampaikan kepada vendor-vendor produsen smartphone agar mereka bisa mengembangkan produk smartphone yang sesuai dengan kriteria yang disarankan oleh Google. Berikut ini adalah beberapa referensi desain yang disodorkan oleh pihak Google.

Dimulai dari bentang layar. Ponsel yang akan dijalankan dengan Android One bentang layarnya disarankan berukuran 4,5 inch dengan resolusi 854×480 pixel. Untuk prosesor yang digunakan Google menyarankan agar vendor menggunakan chipset MediaTek dengan tipe MT6582 dimana prosesor ini sudah menggunakan teknologi quad core berkecepatan 1,3 GHz. GPU yang disarankan untuk ponsel android One adalah Mali 400 MP2. Ponsel Android One diharuskan menggunakan RAM 1 GB. Untuk penyimpanan file kapasitasnya 4 GB,layaknya ponsel entry level lainnya.

Resolusi kamera yang disarankan untuk ponsel Android One adalah 5 megapiksel untuk kamera belakang dan 2 megapiksel untuk kamera depan.

Untuk menyuplai daya pada smartphone berplatform android One, Google menyarankan kapasitas baterai sebesar 1700 mAh.

Setelah dikembangkan di India, Negara berkembang lainnya mulai tertarik untuk memproduksi smartphone dengan OS Android One. Salah satu produsen smartphoe yang tertatrik ingin mengembangkannya adalah Nexian yang akhir-akhir ini produknya tidak begitu laku di pasaran. Adapun ponsel Android One yang akan diproduksi tersebut kabarnya akan dinamai Nexian Journey One.

Untuk spesifikasinya kemungkinan akan serupa dengan referensi yang disarankan pihak Google di atas. Untuk masalah harga sebenarnya sudah ada pernyataan dari Google yang menyebutkan bahwa ponsel Android One akan dibandrol di kisaran harga 100 US dollar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY