Benarkah Charger Selalu Menancap di Stop Kontak Bikin Listrik Boros?

Benarkah Charger Selalu Menancap di Stop Kontak Bikin Listrik Boros?

1626
0
SHARE

charging

Beberapa diantara kita mungkin sering meninggalkan charger tetap menancap di stop kontak setelah selesai mengisi ulang baterai ponsel. Banyak yang mengira hal tersebut dapat menyebabkan charger cepat rusak dan juga akan membuat pemakaian daya listrik meningkat. Namun ternyata anggapan itu salah. Menurut beberapa teknisi listrik, tindakan membiarkan charger menancap pada colokan listrik tidak akan menambah beban pemakaian listrik di rumah.

Seorang Professor dari Universitas Cambridge, David Mackay, seperti yang ditulis di phonearena menyampaikan bahwa melepas charger dari stop kontak dalam waktu yang lama dan dipasang kembali sama seperti menyalakan pemanas air selama setahun. Menurutnya daya listrik yang digunakan pada saat perangkat baru dinyalakan lebih besar daripada jika kita membiarkannya menancap pada colokan. Bahkan jumlah konsumsi dayanya bisa melonjak hingga 10 kali lipat saat perangkat dicabut dalam waktu lama kemudian ditancapkan lagi.

Sebuah uji coba yang dilakukan  di Lawrence Berkeley National Laboratory, menemukan fakta bahwa  konsumsi daya listrik pada charger yang masih tertancap di stop kontak hanya 0,26 watt. Sementara konsumsi dayanya akan meningkat hingga 3,68 watt ketika charger tersebut dihubungkan ke ponsel. Ketika ponsel sudah dalam kondisi terisi penuh konsumsi dayanya akan menurun hingga hanya 2,24 watt.

Para peneliti jugga mengungkapkan bahwa baterai lithium-ion tidak boleh diiisi ulang hingga 100 persen penuh. Sebagaiman diketahui, baterai lithium-ion ini banyak digunakan pada smartphone yang kita pakai.  Dengan tidak mengisinya hingga 100 persen kinerja baterai akan lebih optimal. Selain itu baterai juga akan lebih awet dan tidak gampang rusak. Sudah bukan rahasia lagi jika banyak pengguna smartphone banyak yang mengeluh mengenai baterai pada smartphonennya yang tidak berumur lama. Mungkin saja itu semua karena proses charging yang kurang benar sehingga baterai tidak bisa optimal.

Jadi mulai sekarang, lakukan proses isi ulang baterai sesuai dengan petunjuk yang benar agar kualitas baterai pada smartphone anda tetap terjaga sehingga anda tidak perlu sering-sering membeli baterai baru.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY