Blue Charm

Baru-baru ini beredar berita mengenai pengurangan kapasitas baterai pada smartphone Blue Charm yang merupakan produk besutan vendor asala tiongkok, Meizu. Sebelumnya smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2610 mAh. Kemudian pihak Meizu mengumumkan bahwa kapasitas baterai smartphone tersebut telah dipangkas.

Meskipun pengurangan tersebut tidak terlalu signifikan, apakah alasan Meizu melakukannya? Menurut berita situs Gizmochina pada Senin, 2 Februari 2015, pengurangan ini dimaksudkan untuk  mengendalikan kualitas. Dalam hal ini perusahaan diharuskan untuk mengganti supplier baterai pada smartphone blue Charm agar kualitasnya tetap terjaga sehingga tidak mengecewakan konsumen nantinya.

Kemudian Meizu menunjuk supplier baru untuk memasok baterai smartphone Blue Charm. Proses penggantian supplier baterai ternyata juga tidak berjalan sesuai rencana karena supplier yang baru juga mengalami kegagalan saat pengujian kualitas.

Kegagalan ini membuat Meizu memilih untuk menggunakan baterai dengan kapasitas  yang lebih kecil. Update terbaru menyebutkan jika pada akhirnya kapasitas baterai pada smartphone Blue Charm atau Meizu M1 akan dipangkas  menjadi 2.500 mAh. Pemangkasan ini akan berlaku pada semua  unit yang akan dikirim. Untuk menginformasikan pemangkasan ini, perusahaan telah melakukan perubahan spesifikasi yang sebelumnya telah dimuat di situs perusahaan tersebut.

Meskipun mengalami pemangkasan pada kapasitas baterainya, Meizu Blue charm tetap saja lebih unggul jika dibandingkan pesaingnya, xiaomi Redmi 2 yang hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2200 mAh. Menurut Meizu, smartphone buatannya ini lebih baik dibandingkan redmi 2 dalam hal spesifikasi dan juga desainnya. Mungkin nanti perlu sebuah adu kinerja antara Meizu Blue Charm vs Xiaomi Redmi 2 untuk melihat mana yang benar-benar layak disebut sebagai yang terbaik.

Para konsumen yang sudah menunggu peluncuran smartphone ini pastinya berharap pengurangan kapasitas baterai tersebut tidak akan berdampak pada performa smartphone Blue Charm. Pengurangan ini mungkin bisa dikatakan sebagai bentuk komitmen Meizu untuk memberikan produk yang terbaik bagi penggunanya. Saat ini Meizu memang sedang berusaha untuk ikut bersaing di pangsa pasar smartphone yang sangat ramai dijejali produk-produk baru baik dari vendor ternama maupun yang masih baru ikut dalam persaingan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY