Masa Kejayaan Xiaomi Akan Segera Berakhir?

Masa Kejayaan Xiaomi Akan Segera Berakhir?

1085
0
SHARE
Xiaomi

 

Xiaomi

Perusahaan smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, beberapa waktu belakangan memang sangat mencuri perhatian karena popularitasnya sebagai produsen smartphone merokoket dalam waktu yang sangat singkat. Pada kuartal III 2014, Xiaomi bahkan disebut-sebut sebagai produsen smartphone terbesar ketiga di dunia di bawah Apple dan Samsung. Produk-produknya yang menawarkan spesifikasi tinggi bak samrtphone keluaran vendor raksasa membuat konsumen beramai-ramai memburu samrtphone besutan Xiaomi meskipun tergolong sebagai pendatang baru.

Namun, Xiaomi patut waspada karena vendor lain pastinya akan segera melakukan stratregi baru yang lebih menarik untuk dapat meruntuhkan masa kejayaan Xiaomi yang sekarang sedang beada di atas angin.
Keruntuhan itu perlahan-lahan mulai mendekati kenyataan karena berdasarkan penelitian dari Strategy Analytics, pada kuartal IV 2014 peringkat Xiaomi dikabarkan melorot ke urutan keenam dalam jajaran  produsen smartphone terbesar. Hasil yang tidak jauh berbeda juga dirilis oleh biro riset lainnya, CounterPoint. Menurut peneletiannya, Xiaomi berada di urutan kelima produsen smartphone terbesar di Dunia.

Tanda-tanda akan runtuhnya kejayaan Xiaomi yang sudah mulai terlihat, pastinya akan membuat perusahaan ini was-was. Bahkan di negerinya sendiri Xiaomi juga digeser oleh Apple.

Di Tiongkok sendiri juga banyak vendor yang siap meruntuhkan kejayaan Xiaomi. Salah satunya adalah Lenovo. Perusahaan yang mengakuisisi Motorola ini baru saja mengeluarkan produk smartphone terbarunya yang dibandrol dengan harga yang terjangkau. Produk tersebut antara lain Moto X, Moto X pro, dan Moto G. Lenovo juga akan menduplikasi strategi penjualan yang digunakan Xiaomi yang menjual produknya hanya melalui internet.
Dengan strategi tersebut, Lenovo tampaknya sudah siap menggusur Xiaomi dari tahtanya yang pada tahun 2014 lalu benar-benar berada di puncaknya. Pada tahun tersebut pangsa pasar Xiaomi naik ke angka 4,7% dari angka 2,6%. Penjualan produknya juga meningkat tajam, yang semula hanya 18,7 juta   menjadi 61,2 juta.

Tidak hanya Lenovo saja yang sudah melakukan ancang-ancang untuk meruntuhkan kejayaan Xiaomi. Ada vendor Tiongkok lainnya seperti Huawei yang siap mengalahkan Xiaomi salah satunya dengan mengeluarkan produk smartphone Honor.

Lalu apakah strategi Xiaomi untuk tetap memperthankan masa kejayaannya? Patut ditunggu gebrakan Xiaomi selanjutnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY