Windows 10 Resmi Diluncurkan, Inilah Fitur-Fitur Terbaru Dari Microsoft

Windows 10 Resmi Diluncurkan, Inilah Fitur-Fitur Terbaru Dari Microsoft

847
0
SHARE

SONY DSC

Microsoft resmi meluncurkan Windows 10 pada 21 Januari 2015. Sistem operasi yang user friendly ini memang digemari oleh sebagian besar penduduk dunia. Lalu apa saja fitur-fitur baru Windows 10? Akankah system operasi ini menarik minat banyak orang untuk membelinya? Pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang  mungkin dipertanyakan oleh para pengguna Microsoft.

Beberpa fitur lama masih dipertahankan oleh Microsoft pada system operasi terbarunya ini. Salah satunya adalah Start menu. Seelah  sebelumnya dihilangkan pada Window 8, fitur ini akhirnya dimunculkan lagi pada Windows 10 ini.

Adapun fitur baru yang dihadirkan adalah bar notifikasi dan Continuum. Dengan fitur ini pengguna dapat  berpindah dari mode tablet dan PC dengan mudah.

Windows 10 juga disebut-sebut akan menyediakan Cortana yang merupakan asisten digital Microsot yang mirip dengan Google Now, Siri, atau Samsung S Voice. Cortana  dikabarkan akan dapat diakses pada computer desktop. Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk menemukan atau menanyakan informasi di internet dengan menggunakan  perintah suara.

Seiring kian raminya penggunaan perangkat mobile,  Microsot Office yang  terdiri dari Word, Excel dan PowerPoint akan dihadirkan pada windows untuk mobile. Pada Windows 10 ini, pengguna juga diberi kemudahan untuk membaca file PDF dan file lainnya. Pengguna juga dapat menyimpannya secara offline dan mengaksesnya melalui perangkat mobile.

Untuk kenyamanan berselancar di dunia maya,  Windows 10 menyediakan browser baru, yang dinamai kode Project Spartan. Salah satu yang menarik dari browser ini adalah adanya mode pengambilan catatan. Melalui mode ini pengguna dapat menulis dan menggambar pada halaman web dengan menggunakan stylus. Tulisan atau gambar tersebut juga  bisa dishare ke media jejaring sosial dan email.

Tampilan browser juga bisa diubah layaknya tampilan buku yang juga menampilkan daftar bacaan. Dengan mode ini  artikel-artikel yang dianggap penting bisa disimpan agar pengguna  bisa membacanya di lain waktu. Jadi jika pengguna menemukan bacaan menarik namun di saat yang sama ia sedang sibuk, dia bisa membacanya pada waktu senggang tanpa mengganggu aktifitas utamanya. Tapi browser ini dikabarkan belum bisa dipakai untuk saat ini. Pihak Microsoft menyatakan bahwa browser ini akan bisa digunakan  sekitar tiga hingga lima bulan lagi.

Untuk uji coba browser ini baru akan diaplikasikan pada versi desktop. Versi mobile akan dikeluarkan setelahnya.

Selain browser Spartan, pengguna Windows 10, khusunya para gamer akan dimanajakan dengan fitur app Xbox. Fitur ini memungkinkan para gamer  untuk bisa bermain game di platform yang berbeda-beda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY