samsung bb

Perusahaan asal Korea Selatan yang merajai penjualan produk smartphone, Samsung, santer dikabarkan akan mengakuisisi BlackBerry. Tawaran yang diajukan terbilang cukup fantastis yaitu mencapai USD 7,5 miliar atau sekitar Rp 94 triliun.

Namun, pihak BlackBerry ternyata belum menerima tawaran tersebut. Sejak lama, Samsung memang sudah berkali-kali menunjukkan ketertarikannya untuk membeli BlackBerry. Seperti misalnya pada awal tahun 2012 dimana Samsung dikabarkan mengajukan tawaran untuk membeli BlackBerry meskipun akhirnya dibantah oleh mereka.

BlackBerry memang menjadi primadona yang diburu oleh beberapa perusahaan besar seperti Lenovo, Facebook, bahkan Microsoft.  Mereka berlomba-lomba mengajukan tawaran untuk mengambil alih perusahaan yang popular dengan BBM nya itu. Lalu, apa keistmewaan perusahaan ini sehingga menarik minat perusahaan-perusahaan besar?

Ternyata yang menjadi daya pikat utamanya adalah paten. Ada banyak  hak paten yang terdaftar atas nama BlackBerry. Bahkan sampai saat ini bisa mencapai 44 ribu-an termasuk diantaranya paten  tentang perangkat wearable yang mengijinkan penggunanya untuk mengakses ponsel tanpa harus memasukkan kode keamanan.

Namun menyeruaknya rumor bahwa Samsung akan mebeli Blackbery ini kembali mendapat bantahan. Setelah pada rumor sebelumnya BlackBerry membantah, kali ini pihak Samsung yang memberikan bantahan. Melalui email singkat yang dikirim ke media Bloomberg, vendor kebanggan Korea Selatan itu menyatakan bahwa rumor tersebur tidakberdasar. Mereka mengatakan bahwa kabar tersebut tidak benar.

Pihak BlackBerry sendiri juga menyatakan bahwa antara Samsung dengan BlackBerry belum melakukan pembicaraan apapun mengenai rencana akuisisi. Mereka tidak ingin menanggapi lebih jauh mengenai rumor yang belakangan santer diberitakan itu.

Terlepas dari benar tidaknya berita tersebut, penjualan gadget BlackBerry memang sedang mengalami kelesuan akibat serbuan gadget android yang sangat beragam dan lebih terjangkau dari segi harga. Mungkin hanya fitur BBM saja yang saat ini masih banyak digunakan karena perangkat android pun sudah mampu mengaksesnya. Akibat rumor mengenai akuisisi Blackberry oleh Samsung, harga saham perusaan Kanada itu dikabarkan melonjak hingga 30%.

Lalu akankah rumor ini menjadi kenyataan. Mari kita tunggu berita selanjutnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY