Samsung SM-Z130H, Smartphone Dengan OS Tizen
Samsung SM-Z130H

Sebelumnya Samsung sudah sempat merilis sebuah smartphone dengan sistem operasi Tizen OS, namun pada akhirnya smartphone bernama Samsung Z tersebut dibatalkan untuk dijual dengan alasan yang tidak diketahui. Namun kini, perusahaan asal korea selatan tersebut kembali memperkenalkan sebuah smartphone dengan OS Tizen bernama Samsung SM-Z130H.

Menurut informasi yang berhasil kami dapatkan, Samsung SM-Z130H akan menjadi smartphone pertama yang dilengkapi dengan sistem operasi Tizen yang dijual ke pasaran. Untuk spesifikasi smartphone ini tidak terlalu istimewa, namun cukup mempuni untuk bersaing di pasar smartphone kelas menengah.

Samsung SM-Z130H hadir dengan layar 4″ inci yang memiliki resolusi 480×800 pixel, untuk jnis layar yang digunakan adalah tipe TFT capacitive touch screen yang memiliki kepadatan 233 piksel per inci. Yang menarik, meski mengusung OS Tizen namun antarmuka smartphone ini memakai TouchWuz Ui yang sering digunakan Samsung pada smartphone android mereka.

Sedangkan untuk lini pacunya mempergunakan chipset Spreadtrum SC7727S yang mengusung prosesor dual-core berkecepatan 1.2Ghz dengan basis ARM Cortex-A7. Untuk mengimbangi kinerja cipset tersebut, Samsung telah menambahkan memori RAM dengan kapsitas 512Mb serta GPU Mali-400 untuk pengolah grafisnya.

Tidak ketinggalan, untuk sumber daya ponsel telah dibenamkan baterai dengan daya tampung 1.500mAh. Sedangkan untuk tempat penyimpanan datanya, terdapat memori internal dengan kapasitas 4Gb plus lsot microSD sebagai media ekspansinya hingga kapasitas 32Gb. Sementara untuk fitur tamabahan, Samsung menghadirkan wifi, bluetooth, serta dukungan jaringan 3G untuk internet yang lebh cepat.

Seperti kebanyakan smartphone pada umumnya, handset ini juga dilengkapi dengan kamera pada sektor belakangnya dengan resolusi 3.2MP. Sedangkan untuk kamera depannya memiliki reslusi VGA, namun belum diketahui apakah kamera depan tersebut dapat digunakan untuk video call atau panggilan video.

Berhubung smartphone ini baru diperkenalkan, jadi masih banyak fiturnya yang belum diketahui. Begitu juga mengenai harga jualnya masih menjadi tanda tanya, namun smartphone dengan fitur dual sim card ini kemungkinan besar akan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Penulis memprediksikan harga jual Samsung SM-Z130H berkisar 2-3 jutaan saja.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY