Vimeo Bisa Diakses Lagi di Indonesia, Mungkinkah?
Vimeo Bisa Diakses Lagi di Indonesia, Mungkinkah?

Siapa yang tidak tahu situs Vimeo, situs berbagi video yang mirip dengan yotube tersebut beberapa waktu yang lalu telah diblokir di indonesia. Kala itu yang menjabat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) adalah Tifatul Sembiring, dengan alasan Vimeo mengandung konten dewasa membuat sang mentri harus memblokir Vimeo di indonesia.

Namun kini ketika Kemenkominfo dijabat oleh Rudiantara, Vimeo berkesempatan eksis kembali di indonesia. Namun sebelum hal tersebut terwujud, Vimeo harus mampu memenuhi sejumlah syarat yang mana syarat utamanya harus memblokir konten dewasa untuk tampil atau tayang ketika Vimeo dibuka oleh pengguna yang berasal dari indonesia.

“Teknologinya bisa dimanfaatkan karena industri kreatif sangat menginginkan bisa membuka kembali Vimeo. Tapi di saat yang bersamaan kita juga harus bisa membatasi akses terhadap konten yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia,” Ujar Rudiantara ketika menghubingi Karry Trainor, CEO Vimeo melalui video conference Selasa 11/11/2014.

Jika Viemo nantinya dapat memenuhi sejumlah syarat yang diajukan oleh Kemenkominfo, maka situs berbagi video tersebut akan dapat kembali digunakan atau diakses pengguna internet di indonesia. Dan hal ini tentunya akan menjadi ancaman bagi situs sejenis seperti youtube, karena bagaimanapun juga antara Vimeo dan Youtube merupakan sebuah situs yang memberikan layanan hampir sama.

Sejatinya banyak sekali situs bermuatan dewasa yang masih bisa diakses di indonesia, situs – situs tersebut ada yang merupakan milik orang indonesia dan ada yang merupakan milik orang luar. Yang jelas, sampai saat ini masih sangat sulit untuk membrantas situs – situs yang bermuatan dewasa, semoga saja kedepannya tidak ada lagi situs bermuatan dewasa yang bisa merugikan siapa saja.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY