Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

86
0
SHARE

1

Belimbing wuluh dikenal sebagai buah yang sedap jika dimasak dalam kuah sayur asam, ikan kuah/bumbu kuning atau pepes ikan. Buah mungil yang bercitarasa kecut ini, memang pas jika dikombinasikan dengan bahan masakan yang pedas. Apalagi iklim tropis di Indonesia menjadikan belimbing cocok dengan lidah masyarakat kita. Jadi jangan kaget jika buah ini terdapat di pelosok nusantara sebab habitatnya telah menyebar dari Sumatera hingga Irian.

Penyebaran belimbing wuluh yang cukup luas, menjadikannya pilihan terbaik dalam menangani penyakit. Beberapa jenis pengobatan yang bergantung pada tumbuhan ini adalah sakit perut, encok, demam, sariawan, biduran, dan lain-lain. Alasan masyarakat memercayai tumbuhan ini terbukti dengan adanya kandungan kimiawi seperti flavonoid, saponin, tanin, glukosida, kalsium, kalium dan peroksidase yang terletak di daun dan buahnya. Inilah manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan:

1. Hipertensi

Sahabat ummi menyediakan 3 buah belimbing wuluh dan ½ ikat daun kemangi. Kedua bahan direbus dalam 2 gelas air hingga mendidih. Sisakan ½ gelas untuk diminum. Sebelumnya saring terlebih dahulu dan diminum menjelang tidur. Ulangi 3 hari sekali.

2. Diabetes mellitus

Rebuslah 3 genggam daun belimbing wuluh ke dalam 1 liter air hingga mendidih. Saring airnya dan minum 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore.

3. Batuk

Rebuslah 1 genggam daun belimbing wuluh dan 3 buah belimbing wuluh bersama 3 gelas air hingga mendidih. Saringlah untuk diminum pada pagi dan sore.

4. Encok

Tumbuklah 4 genggam daun belimbing wuluh hingga halus. Gunakan hasil tumbukan untuk menggosok bagian pinggang yang terkena encok.

5. Penghilang jerawat

Parutlah 3 buah belimbing wuluh yang telah dicuci bersih. campur hasil parutan dengan sedikit garam. Gunakan sebagai bedak pada bagian wajah yang berjerawat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY