Amandel Apakah Harus Di Operasi?

Amandel Apakah Harus Di Operasi?

69
0
SHARE

1

Amandel atau sebenarnya lebih tepat dikatakan sebagai infeksi amandel adalah infeksi pada amandel yang kerap menimbulkan demam dan sulit menelan. Ada yang sifatnya baru dan langsung terasa sakit di tenggorokan, dan ada yang sudah menahun yang datang kambuhan, hingga ukurannya cukup besar, sehingga sangat sulit untuk menelan.

Gejala umum amandel yaitu: amandel memerah, bengkak, kadang tampak bercak kuning/putih pada amandel, leher membengkak, sakit pada tenggorokan, sakit saat menelan, disertai batuk dan sakit kepala, demam, kadang disertai sakit mata, hidung mampet.

Anjuran: Hindari makanan yang mengandung banyak pengawet, hindari minum dingin, sering minum air putih, istirahat cukup. Dan yang penting adalah menjaga kebugaran dengan olah raga rutin dapat dengan olah raga ringan (senam) serta tidak lupa rutin mengkonsumsi madu untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit virus mapun bakteri.

Saat pengobatan biasanya akan diberikan obat-obatan ataupun herbal untuk anti radang dan anti virus. Pada keaadaan tertentu pada pasien biasanya dokter merekomendasikan untuk dilakukannya operasi. Untuk itu lebih baik kita berusaha maksimal menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari radang amandel.

Walaupun mudah radang bila tidak menjaganya, amandel adalah salah satu bagian dari struktur tubuh manusia yang Allah ciptakan memiliki kegunaannya sendiri. Operasi amandel dengan tujuan membuangnya adalah pilihan yang sebaiknya sebisa mungkin dihindari.

Saat pengobatan, madu sangat berperan penting untuk mempercepat kesembuhan. Madu memiliki kandungan multi vitamin dan zat anti bakteri, serta protein dalam beepolen yang banyak bermanfaat untuk proses kesembuhan seseorang yang sakit.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY