Kenali Ciri Anemia Dan Cara Penangannya

Kenali Ciri Anemia Dan Cara Penangannya

49
0
SHARE

AnemIa adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan sel-sel darah merah, Hb darah sehingga sirkulasi zat dalam tubuh tidak berjalan normal. Keadaan ini akan berpengaruh buruk pada sistem tubuh. Bertumpuknya CO2 dalam sel dapat meracuni organ atau setidaknya menurun kan efisiensi kerjanya.

Anemia tidak dapat diremehkankan karena dalam jangka waktu tertentu dapat merusak organ-organ lain secara menyeluruh, dan produktifitas tentunya menjadi rendah karena tubuh yang lesu dan tidak bergairah.

Penyebabnya antara lain kekurangan zat gizi seperti zat besi, Vitamin E, asam folat, adanya masalah pada sumsum tulang, kebiasaan begadang, pendarahan, penurunan fungsi organ. Gejalanyan: rasa pening, lesu, mudah lelah, pucat, kuku pucat, kehilangan nafsu makan, warna kelopak di bawah bola mata pucat, nadi cepat dan kuat.

Madu menjadi nutrisi yang sangat diandalkan dalam pengobatan berbagai macam penyakit akibat kekurangan darah. Madu berperan penting dalam meningkatkan kualitas darah serta meningkatkan sel darah merah. Selanjutnya pasien anemia sangat ditekankan untuk melakukan pola hidup sehat, banyak mengkonsumsi sayuran hijau, menghindari makanan-makanan cepat saji, berMSG, alkohol.

Melakukan olah raga teratur, dan yang juga amat penting menyegerakan tidur (tidak larut malam) agar proses regenerasi sel berjalan baik, dan keesokannya badan lebih segar mampu beraktifitas dan senam di awal pagi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY