1

Mau coba Inilah salah satu cara menjadi tambah cantik dan langsing yang enak tanpa harus merasa sakit dan tersiksa.
Hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan konsumsi whole grain : Gantilah roti putih di rumah dengan whole wheat bread (roti tepung gandum utuh). Hanya mengonsumsi sereal sarapan yang diolah dari serealia utuh, seperti gandum utuh atau oatmeal. Ganti snack di rumah dengan crackers dan biscuit yang diolah dari whole grain (gandum utuh). Konsumsi pasta yang juga diolah dari whole wheat (tepung gandum utuh). Konsumsi nasi yang berasal dari beras yang tidak disosoh (beras berwarna agak kecoklatan).

2. Mengkonsumsi makanan yang rendah kolesterol : Pilih dan batasi konsumsi lemak, hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti margarine, mentega, shortening dan minyak sayur berlebih. Sebaiknya pilih sumber lemak dari kacang-kacangan, ikan laut (salmon), minyak zaitun yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda.

3. Konsumsi karbohidrat kompleks : seluruh jenis sumber pangan karbohidrat boleh dikonsumsi karena tidak mengandung kolesterol namun lebih baik jika yang dikonsumsi adalah pangan yang mengandung karbohidrat kompleks karena kandungan serat larutnya membantu menurunkan kolesterol darah, seperti nasi dari beras merah atau beras hitam dan umbi-umbian. Produk olahan seperti sereal, pasta atau roti dari gandum utuh, oat, havermout juga sumber karbohidrat yang baik.

4. Konsumsi sumber protein yang rendah kolesterol : pilih dan cermati jenis pangan sumber protein yang rendah kandungan kolesterolnya. Jenis pangan hewani yang rendah kandungan lemak jenuh dan kolesterolnya adalah ikan dan daging unggas. Sebaiknya daging unggas tidak dikonsumsi bersama kulitnya. Kacang-kacangan dapat dijadikan sumber protein pengganti daging. Selain itu, produk ini juga mengandung serat pangan larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Konsumsi susu full cream dapat diganti dengan susu skim atau susu bebas lemak.

5. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran : sebaiknya pilih sayuran dan buah-buahan segar. Jika ingin mengkonsumsi jus, pilih yang tidak diberi gula. Hindari buah kering yang manis, sirup buah dengan kadar gula tinggi. Hindari pula mengkonsumsi durian dan kelapa karena memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Biasakan mengkonsumsi buah-buahan sebagai makanan selingan pengganti potato chips atau kue-kue. Selalu konsumsi sayuran pada menu harian. Konsumsi buah dan sayuran harus dipenuhi sebanyak 3-5 sajian per hari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY