Inilah Kandungan Dalam Jantung Pisang

Inilah Kandungan Dalam Jantung Pisang

94
0
SHARE

1

Jantung Pisang yang kalau di jawa sering disebut dengan tuntut gedang atau ontong gedang, banyak dipakai ibu-ibu sebagai salah bahan masakan berupa sayur jantung pisang yang cukup lezat dan enak. Penulis sendiri sangat menyukai masakan dari jantung pisang ini.

Jantung pisang juga banyak dijual dipasar tradisional dengan harga yang cukup murah. Jantung Pisang ini adalah bunga majemuk bakal buah pisang yang warnanya kemerahan dan biasanya dipangkas oleh pemilik pisang supaya pisangnya besar.

Kandungan gizi pada jantung pisang cukup tinggi dan menurut penelitian yang telah dilakukan, setiap 25 gram jantung pisang mengandung 31 kkal kalori, 1,2 gram senyawa protein, 0,3 gram lemak dan 7,1 gram zat karbohidrat. Selain itu, jantung pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan juga mineral penting seperti fosfor, kalsium serta Fe/Zat besi.

1. Cocok Untuk Program Diet

Kalau anda sedang diet, maka Jantung pisang sangat baik dikonsumsi mereka yang sedang menjalankan program diet rendah lemak sebab salah satu keunggulan dari makanan jantung pisang adalah memberi efek kenyang yang lebih lama dibandingkan nasi dan makanan lainnya. Selain itu, jantung pisang juga mengandung fiber yang tinggi sehingga berkhasiat melancarkan pencernaan dan menyehatkan perut Anda. Selain itu, diketahui bahwa jantung pisang sangat baik bagi penderita diabetes karena indeks glemiknya (GI) tergolong rendah.

2. Melancarkan darah cegah stroke dan jantung

Khasiat jantung pisang lainnya adalah untuk menghindari serangan penyakit jantung juga stroke yang sangat berbahaya. Jantung pisang bisa memperlancar sirkulasi darah sebab ia bersifat anti-koagulan yang mencegah terjadinya penggumpalan di dalam darah. Mengingat penyembuhan penyakit jantung juga stroke terbilang mahal, agaknya jauh lebih baik mencegah dengan konsumsi jantung pisang teratur setiap harinya.

3. Jantung Pisang Yang Enak Dimakan

Semua pohon pisang bisa memproduksi jantung pisang. Tetapi tidak semua jantung pisang tersebut nikmat jika diolah menjadi makanan. Misalnya saja jantung pisang dari pohon pisang ambon rasanya agak pahit sebab banyak mengandung tannin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY