1

Saat ini sudah tidak bisa dipungiri lagi bahwa peralatan yang menggunakan teknologi modern seperti televisi dan gadget sudah menjadi sebuah benda yang sangat dekat dengan kita. Bahkan sudah dianggap seperti sahabat dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Namun begitu ternyata peralatan tersebut juga dapat memberikan efek buruk bagi penggunanya jika gunakan dalam waktu yang terlalu sering dan lama. Seperti menonton televisi misalnya, ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata kita.

Di zaman seperti sekarang ini bisa dikatakan hampir semua orang di Indonesia memiliki televisi di rumahnya-masing-masing, minimal satu buah untuk ditonton bersama di ruang keluarga. Hal tersebut kemudian mengubah televisi yang tadinya merupakan kebutuhan sampingan, menjadi kebutuhan yang sangat inti. Ditambah lagi dengan teyangan televisi yang berbagai macam rupa saat ini, membuat banyak pengguna merasa penasaran dan tertarik untuk menontonnya dan kemudian betah berlama-lama menatap layar televisi.

Tidak hanya televisi, perangkat komunikasi semacam tablet dan smartphone juga berpotensi memberikan efek buruk kepada penggunanya jika digunakan dalam waktu yang cukup lama. Salah satunya dapat mengurangi daya penglihatan pada mata. Adanya berbagai kemudahan yang ditawarkan perangkat gadget membuat para remaja-dan anak-anak sangat asik untuk berlama-lama menatap layar gadget yang mereka miliki dengan jarak cukup dekat sehingga mempengaruhi mata.

Semua orang tua tentu saja ingin yang terbaik untuk anak-anaknya. Namun membiarkan mereka berlama-lama menatap layar televisi dan gadget berpotensi untuk membuat mereka lebih cepat menggunakan kaca mata ketika beranjak dewasa. Ketika menonton acara kesayangan di televisi atau bermain game favorit menggunakan gadget, mata jarang berkedip dan akan selalu fokus pada objek yang ada di depannya. Hal tersebut akan membuat organ penglihatan pada mata akan cepat menurun.

Selain itu efek radiasi yang ditimbulkan oleh layar televisi dan gadget dapat mengganggu kesehatan retina mata. Jika kebiasan tersebut terus-menerus dilakukan maka kesehatan mata akan menurun, dan anak-anak akan mudah mengalami gangguan penglihatan, sehingga untuk membantunya mereka harus menggunakan kaca mata. Salah satu upaya untuk mencegahnya adalah mengurangi waktu menonton dan bermain gadget, membatasi jarak antara mata dan layar, serta makan-makanan yang mengandung Omega 3 dan DHA. Dengan begitu kesehatan mata akan tetap terjaga.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY