Mengenalkan Hewan Pada Anak

Mengenalkan Hewan Pada Anak

137
0
SHARE

1

Pada dasarnya anak memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dalam hal apa pun, termasuk pada hewan. Sebagai orang tua tentu saja harus memerhatikan hal tersebut. Tak jarang jika seorang anak diajak mengunjungi kebun binatang ingin melihat dari dekat bahkan ingin menyentuhnya.

Mengenali jenis-jenis hewan dapat membantu kecerdasan anak dan juga membuat anak membedakan mana hewan jinak dan mana hewan yang berbahaya. Ada pun beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk mengenalkan bermacam-macam hewan pada anak adalah sebagai berikut:

1. Bercerita

Banyak sekali cerita-cerita anak yang berisi tentang hewan, mulai dari si kancil dan yang lainnya. Bercerita bisa dilakukan saat menjelang tidur atau pun saat bersantai bersama anak. Sisipkanlah sifat-sifat hewan saat bercerita, informasikan mana hewan yang dapat didekati dan mana hewan yang harus dijauhi. Selipkan juga nilai-nilai moral yang harus dilakukan anak kepada hewan, misalnya jangan suka bersikap zalim pada hewan yang jinak. Ceritakanlah dengan teknik yang seru agar anak tertarik untuk memelihara seekor hewan.

2. Membaca

Untuk anak yang sudah mulai bisa membaca, dapat diberikan buku bacaan yang menceritakan tentang jenis-jenis hewan. Hal ini tentu saja dilakukan dalam bimbingan orang dewasa. Jika hal ini dilakukan maka anak dapat mengenal jenis hewan dan juga membuatnya lebih lancar dalam membaca.

3. Mainan

Anak-anak tentu sangat suka dengan mainan, hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan anak pada jenis-jenis binatang. Berikanlah mainan berbentuk binatang pada anak, hal ini saja dapat disesuaikan dengan jenis kelamin anak. Jika anak perempuan dapat diberikan boneka berbentuk binatang dan jika anak laki-laki dapat disesuaikan juga mainan yang biasanya diberikan untuk anak laki-laki.

4. Mengunjungi Kebun Binatang

Berekreasi pasti sudah menjadi kebutuhan keluarga. Janga terus menerus mengunjungi wisata in door atau mall. Kunjungilah kebun binatang selain murah meriah, hal ini juga dapat membuat anak-anak mengetahui berbagai jenis hewan secara langsung yang biasanya tidak ditemui di sekitar rumah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY