1

Telinga adalah sebuah panca indera yang sangat penting bagi manusia, dengan telinga manusi dapat merasakan keindahan suara dan juga melakukan komunikas antara satu dengan yang lain.

Telinga juga merupakan organ tubuh yang sangat sensitif, membersihkan telinga harus dilakukan dengan hati-hati karena jika salah, kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan yang fatal. Beberapa cara yang dapat dilakukan saat membersihkan telinga adalah:

1. Jangan Mengorek Telinga

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Membersihkan telinga jangan sampai melukai bagian dalam telinga. Biasanya orang akan larut saat mengorek telingganya. Alih-alih membersihkan tapi yang terjadi malah melukai gendang telinga yang berada di bagian dalam.

2. Bersihkan Bagian Luar

Bagian yang paling penting adalah bagia luar. Telinga telah di desain oleh Sang Maha Pemberi untuk dapat mengeluarkan kotoran bagian dalamnya. Hal ini memudahkan kita, sehingga yang perlu untuk dilakukan adalah membersihkan daun telinga hinga rongga telingga bagian luar. Karena jika kita membersihkan telinga terlalu dalam dapat menyebabkan kotoran yang berada di luar akan semakin terdorong ke dalam.

3. Mengunyah Dengan Baik

Mengunyah makanan dengan baik dapat smembantu proses pengeluaran kotoran pada telinga, biasanya bagi pecinta permen karet hal ini tentu sangat bermanfaat.

4. Berhati-hati Saat Gatal

Rasa gatal yang datang pada liang telinga perlu diwaspadai. Tahan tangan untuk tidak mengoreknya terlalu keras. Hal ini perlu diperhatikan apa yang menjadi penyebab dari rasa gatal yang muncul.

5. Perhatikan Penggunaan Earphone

Jaga jarak, jangan terlalu sering dan juga jangan memasang earphone terlalu kencang di telinga. Bila hal ini dilakukan secara terus menerus lambat laun gendang telinga akan terganggu.

6. Perhatikan Rasa Nyeri yang menyerang

Telinga juga dapat merasakan respon jika ada gangguan pada sekitar tenggorokan atau nyeri pada leher bagian dalam. jika telinga terasa nyeri jangan diremehkan, segera lakukan pemeriksaan.

7. Pergi Ke THT

Melakukan pemeriksaan rutin sangatlah penting untuk dilakukan. Kunjungi THT terdekat, jangan menunggu hingga telinga bermasalah. Jika bermasalah dengan keuangan dapat mengunjungi THT yang telah disediakan di Puskesmas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY